Bom Sarinah; Serangan Jakarta Sudah Diperkirakan Akan Terjadi

Serangan yang terjadi di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (14/1/2016), menurut Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, sudah diperkirakan akan terjadi sebelumnya oleh pihak berwenang.

Ledakan bom dan baku tembak di salah satu jalan tersibuk di Jakarta itu menewaskan tujuh orang, termasuk lima penyerang.

ISIS sudah menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Menlu Bishop dalam keterangan kepada ABC mengatakan, serangan seperti ini sudah diperkirakan kemungkinan akan terjadi dan karena itu Australia dan Indonesia meningkatkan kerja sama kontraterorisme dalam pertemuan di Sydney pada bulan lalu.

Bishop mengatakan, peringatan mereka kemungkinan akan terjadi “sudah muncul beberapa saat lamanya”.

“Sudah ada dugaan bahwa akan terjadi serangan seperti ini di kawasan kita,” katanya.

“Para pakar sudah memperkirakan pada suatu saat pasti akan terjadi.”

Menlu Bishop menambahkan bahwa pihak berwenang Indonesia sudah mengetahui adanya sel teror di dalam Indonesia dan warga Australia yang berada di Indonesia diminta untuk berhati-hati.

“Pemerintah Australia mengecam keras serangan di Jakarta, dan saya sudah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Indonesia kemarin untuk menyampaikan solidaritas Australia, dan menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk menyelidiki penyerangan tersebut,” kata Bishop.

Sementara itu, Jaksa Agung Australia George Brandis mengatakan, Australia sudah menawarkan bantuan polisi dan intelijen kepada Indonesia menyusul serangan kemarin.

Dalam sebuah pernyataan, senator Brandis mengatakan, dia sudah menghubungi sejawatnya di Indonesia untuk menjadikan kerja sama ini sebagai contoh kerja sama kontraterorisme antara Indonesia dan Australia.

Menteri Kehakiman Michael Keenan tidak bisa memberikan rincian mengenai bentuk bantuan yang akan diberikan oleh Pemerintah Australia, tetapi mengatakan bahwa Australia akan “memberikan bantuan apa pun yang diperlukan”.

Keenan mengatakan kepada ABC bahwa akan dilakukan kajian mengenai pengamanan di Kedutaan Australia di Jakarta, meskipun saat ini pengamanan sudah ketat.

Sementara itu, Michael Sheehy yang sudah tinggal lebih dari 15 tahun di Jakarta mengatakan masih terkejut dengan adanya serangan tersebut meskipun sudah ada peringatan mengenai adanya kemungkinan serangan.

“Jujur saja, menjelang Natal ada banyak rumor beredar mengenai kemungkinan adanya serangan, dan kemudian ada beberapa penangkapan sehingga ada sel yang berhasil ditangkap, dan tidak ada yang terjadi,” katanya.

“Saya selalu sadar dan waswas mengenai kemungkinan adanya hal seperti ini, tetapi ketika terjadi tetap saja merasa kaget,” tambahnya.

Namun, dia mengatakan, kehidupan di Indonesia akan segera kembali normal.

“Orang Indonesia itu tidak mudah takut. Coba saja lihat hashtag yang ada, bukan bom Jakarta atau bom Sarinah, tetapi yang ada malah ‘Kami Tidak Takut’.”

“Mereka tidak takut dengan mudah.”

sumber: http://internasional.kompas.com/read/2016/01/15/11155891/Menlu.Bishop.Serangan.Jakarta.Sudah.Diperkirakan.Akan.Terjadi

Download Soal CAPNS 2016, disini

Download Soal CAT CPNS 2016 Lengkap dan Update Info CPNS Klik disini

soalcasn3-250x250

Iklan

About Resi Andriani

Selamat datang di Blog Pribadi saya drwskincare Resi andriani, saya adalah salah satu Beauty Consultant di Drwskincare. Tujuan saya untuk buat blog ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi bagi teman-teman semua mengenai produk-produk resmi yang ada di drwskincare. semua pertanyaan juga bisa saya jawab di no wa saya 085271792673, jangan sungkan ya untuk mendapatkan Info mengenai drwskincare.. :)

Posted on 15/01/2016, in national. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: