Meraih Kebahagiaan Setiap Hari

Berdoa dan berkata yang positif Mengucapkan dzikir, doa, dan kalimat positif, dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Arab, dalam hati. Bisa dimulai dengan sering menyebut Laa ilaaha illallah dalam hati. Keinginan maksiat berawal dari hati. Bila hati sering dzikir/doa/kalimat positif maka otomatis keinginan maksiat tidak muncul. Keinginan maksiat menimbulkan kegelisahan/penderitaan dalam jiwa seseorang.

“Aku ingin bahagia” itulah kata-kata yang paling sering diucapkan seseorang dalam hidupnya. Kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang, sebab itu berasal dari dalam hati.

Lantas, bagaimana caranya supaya kita bisa merasakan kebahagiaan yang sejati dalam hidup? Berikut adalah 12 langkah agar manusia bisa bahagia.

1. Rendah hati
Tidak bangga (ujub) dengan perkataan/perbuatan baik yang kita lakukan. Sebaliknya, kita harus meyakini orang lain lebih baik dari kita. Katakanlah dengan hati atau lisan kita, orang lain lebih baik daripada saya.
Setiap orang memiliki kelebihan yang tidak kita miliki. Orang yang hari ini berlumuran dosa, bisa jadi esok lebih baik dari kita. Dengan perasaan seperti ini, kita akan selalu merasa senang bertemu dengan siapapun.
2. Niatkan semua yang dilakukan hanya untuk Allah
Tidak ingin/suka/butuh – pujian/penghormatan/penghargaan/popularitas. Segala pujian dikembalikan kepada Allah.
Tidak menunggu ucapan terima kasih/balasan atas perbuatan baiknya. Berbuat baik bukan karena takut celaan manusia. Tetap berbuat baik meski mendapat celaan dari manusia. Tidak ikhlas akan menimbulkan kekecewaan dalam jiwa.
3. Berdoa dan berkata yang positif
Mengucapkan dzikir, doa, dan kalimat positif, dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Arab, dalam hati. Bisa dimulai dengan sering menyebut Laa ilaaha illallah dalam hati. Keinginan maksiat berawal dari hati. Bila hati sering dzikir/doa/kalimat positif maka otomatis keinginan maksiat tidak muncul. Keinginan maksiat menimbulkan kegelisahan/penderitaan dalam jiwa seseorang.
4. Berdoa untuk ketenangan jiwa
Mengucapkan dzikir, doa, dan kalimat positif, dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Arab, dengan lisan, untuk mendapatkan kenikmatan iman / kebahagiaan jiwa.
5. Membaca Al quran
Membaca al-qur’an dan faham artinya (bisa dibeli qur’an terjemahan per kata) agar mendapatkan kenikmatan iman/peningkatan iman/kebahagiaan.
6. Salat tepat waktu
Salat di awal waktu, untuk menstabilkan iman. Allah menjanjikan kebahagiaan bagi orang-orang yang beriman.
7. Beramal
Suka memberi infak dan hadiah, agar tidak cinta harta. Kecintaan kepada harta menimbulkan rasa takut akan kehilangan harta.
8. Berpuasa
Puasa sunnah, agar lebih bisa mengendalikan hawa nafsu. Hawa nafsu yang tidak terkendali menimbulkan kegelisahan jiwa.
9. Salat tahajud
Salat tahajud, agar tergolong orang-orang yang saleh. Orang-orang yang shaleh pasti bahagia hidupnya di dunia dan di akhirat.
10. Mampu menjaga wudhu
Menjaga wudhu semampunya. Dengan menjaga wudhu menjadi lebih berkeinginan beramal shalih dan enggan berbuat maksiat.
11. Berbuat baik
Kita sudah memahami bahwa berbuat baik dan tidak berbuat maksiat akan menimbulkan kebahagiaan pada diri seseorang. Karena itu, agar orang lain juga bahagia, maka kita harus punya kemauan kuat untuk mengajak atau memerintahkan kebaikan dan mencegah kemaksiatan dan kemunkaran. Kita akan makin bahagia bila orang lain bahagia dengan perantaraan kita.
12. Bersyukur
Jangan lelahkan hati kita dengan menanti nikmat yang belum ada dan belum tentu ada. Syukuri nikmat-nikmat yang ada. Kita belum tentu bisa bersyukur bila Allah menambah nikmat-Nya. Dikutip dari media sosial.
Nurlail Qadr –
Iklan

About Resi Andriani

Selamat datang di Blog Pribadi saya drwskincare Resi andriani, saya adalah salah satu Beauty Consultant di Drwskincare. Tujuan saya untuk buat blog ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi bagi teman-teman semua mengenai produk-produk resmi yang ada di drwskincare. semua pertanyaan juga bisa saya jawab di no wa saya 085271792673, jangan sungkan ya untuk mendapatkan Info mengenai drwskincare.. :)

Posted on 24/12/2014, in Motivasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: