Terapi Pijat Tingkatkan Kecerdasan Anak Autis

ADA banyak metode terapi dalam meningkatkan kecerdasan anak autis. Misalnya melalui terapi analisa tingkah laku (Applied Behavioral Analysis/ABA), terapi wicara, terapi okupasi, dan terapi lainnya. Metode terapis tersebut merupakan metode terapi dalam meningkatkan kecerdasan anak autis. Salah satu upaya yang bisa dicoba untuk meningkatkan kecerdasan anak terutama untuk anak penderita autis dan anak down syndrome sekalipun adalah terapi pijat.

Ahli terapi pijat bagi penyandang autis dan down syndrome, KH Ir Nugroho Moempoeni MBA mengatakan terapi pijat untuk penyandang autis ini bukanlah terapi pijat biasa. Pijat yang dilakukan oleh pria lulusan Intitute Teknologi Surabaya ini (ITS) ini menjelaskan bahwa pijat khusus yang dilakukan untuk anak autis adalah pijat pangkal tangan, khususnya antara jari manis dan jari tengah.

“Di pangkal tangan antara jari manis dan jari tengah itu merupakan pusat syaraf yang berhubungan dengan kecerdasan. Bila titik-titik syaraf di daerah itu diberi rangsangan lewat pijat, maka anak bisa lebih memusatkan perhatian dalam belajar. Karena anak bisa lebih fokus dalam menerima pelajaran, maka anak jadi lebih cerdas. Kunci utama untuk menjadi pintar sebenarnya hanyalah akumulasi dari proses belajar,” kata Noegroho, di Jakarta, Jumat, (4/11).

Menurut dia, pangkal ruas jari kiri untuk meningkatkan daya ingat dan ruas jari kanan untuk meningkatkan daya tangkap. Sedangkan antara jari tengah dan telunjuk untuk mengendalikan emosi. Setelah dipijat persendian tangan dan kaki juga ditepuk.

Noegroho menjelaskan selama ia membuka praktek, tiap hari ia menerima sekitar 500-an anak autis untuk dilakukan terapi. Melihat kondisi ini, ia menjelaskan bahwa tiap tahunnya penyandang autis semakin meningkat. Dalam melakukan terapi ini ia dapat meningkatkan kecerdasan anak dengan multiple intelligence.

“Meningkatnya anak autis itu dikarenakan orangtuanya. Saat hamil, para orangtua tidak memperhatikan pola makan,” katanya.

Terapi pijat yang ia lakukan ini, kata dia juga mendapatkan Hak Cipta dengan nomor 035518 & 035519 dari Dirjen HAKI tertanggal 27 September 2007. Dengan adanya hak cipta ini semakin menegaskan eksistensi terapi pijat dapat meningkatkan kecerdasan. – See more at: http://www.jurnas.com/news/44098#sthash.elQrlftY.dpuf

Iklan

Posted on 23/01/2014, in Menu Anak Autis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: