Menata Hati Meraih Sukses

Janganlah kamu bersifat lemah dan jangan (pula) kamu bersedih hati, karena kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu termasuk orang-orang yang beriman“. (Q.S. Ali Imran : 139).

Manusia sebagai mahluk mulia di hadapan Rabbi sekaligus diberi rasa ketakutan. Hal inilah yang menyebabkan turun naiknya kualitas keimanan seseorang. Setiap hal yang membahayakan pada dirinya selalu menimbulkan ketakutan yang amat sangat. Sebagai umat Muhammad SAW tentulah harus kita tanamkan sebagai pondasi hidup kita bahwa hidup ini semuanya karena keridha’an Allah SWT. Segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang kekal, semua ada pasangannya, hidup pasti ada mati, bertemu pasti ada berpisah, bertengkar pasti ada damai, perang pasti ada genjatan senjata, benci pasti ada rindu, begitu seterusnya.

Persoalan hidup yang begitu kompleksnya kadang-kadang kita tidak mengerti bagaimana bisa keluar dari permasalahan itu. Memang, kalau kita selalu mencari penyelesaian hanya pakai otak saja yang notabene terbatas kemampuannya maka kita tidak sanggup mengatasi problem hidup ini. Jangan selalu beranggapan akal kita lebih canggih atau lebih pintar, karena semua itu akan menyesatkan apa yang ada dalam hati kita.

Hadapilah hidup ini dengan kearifan dan keistiqamahan, niscaya semua problem akan kembali tuntas dengan ijin Allah SWT. Banyak umat mulai kehilangan semangat keislamannya, lebih percaya kepada hal yang berbau magis, lebih percaya kepada sihir dan yang amat membahayakan adalah magis di bidang teknologi. Banyaknya tontonan yang menarik di televise menyebabkan umat Muhammad SAW mulai meninggalkan kewajibannya untuk beribadah, beragam alasan diutarakan, itu semua karena lemahnya benteng kita dan ini amat membahayakan pondasi hidup kita. Semuanya harus saling mengontrol, tak heran jika ada satu keluarga ayah ibu rebut, anak berantem, tetangga pada gosipin, akibatnya tunggulah kehancuran.

Begitu banyak ujian dan azab Allah diperlihatkan kepada kita agar kita dapat menjadi umat yang kuat, bukan yang lemah dan cengeng menghadapi dunia ini. Kekuatan itu semua datang dari diri kita, dan ini merupakan hal yang paling sulit kita lakukan tapi Insya Allah bisa dilakukan sepanjang keinginan kita untuk berubah menjadi lebih baik dan bermanfaat. Dunia memang edan bin kejam kalau kita selalu memperturutkan hawa nafsu kita. Kadang kita mengambil tindakan yang tidak dipahami orang tapi yakinlah apabila tindakan yang kita ambil benar di jalan Allah maka kemudahan akan kita lalui dengan baik. Kadang pula kita harus ekstrim mengambil tindakan karena tanpa ada perubahan dari diri kita maka jangan harap ada perubahan dalam diri kita.

Memang bukan hal yang mudah untuk menata hati, apalagi hati yang telah diracuni oleh perasaan benci dan dengki. Satu hal yang harus anda lakukan adalah mengingat semua kesalahan anda dan membuang jauh-jauh kebaikan yang pernah anda lakukan dengan orang lain walaupun itu suami atau istri anda. Banyaklah beristigfar dikala sunyi menyelimuti hari-hari anda. Tegakkanlah sholat fardhu anda barengi dengan sholat sunnah. Lakukan terus selalu mengingat kesalahan anda sambil beristighfar. Kalau anda laksanakan dengan keridha’an karena Allah SWT Insya Allah akan terjadi perubahan yang maha dahsyat bagi diri anda, tapi jangan sampai anda melakukan sesuatu yang dilarang lagi.

Setelah semua ini anda lalui barulah mulai menata hati. Untuk tahap menata hati akan dibahas minggu depan. Semoga semua umat yang ada di belahan dunia ini diberikan kemampuan untuk tabah dan kuat menghadapi kehidupan di dunia ini. Amin. Yakinkanlah diri anda, Allah SWT memberikan sesuatu yang terbaik untuk diri kita, maka segera bertobat bila anda melakukan kesalahan ataupun kelalaian dan janganlah menduakanNya.

Semoga kita semua diberi kekuatan untuk menata hidup kita menjadi lebih baik dan bermanfaat. Amin…Amin…Amin Ya Rabbal Alamin.

Sponsor:

CPNSONLINE.COM

persiapankan diri Anda dengan latihan soal-soal dan pembahasannya untuk menghadapi Ujian Seleksi CPNS 2011-2012,sehingga Anda akan lebih percaya diri dalam mengikuti seleksi CPNS tahun ini. Kami sangat menyadari dan mengerti kebutuhan Anda, Informasi dan materi apa saja yang Anda butuhkan, serta latihan soal tes yang bagaimana seharusnyaAnda persiapkan. Semua kebutuhanAnda kini kami rangkum dalam ebook ini, Detail>

Iklan

Posted on 25/06/2012, in Keislaman, Motivasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: