Dengan Berbisnis, Anda Meningkatkan Perekonomian Negara

Beragam motivasi bisa menjadi alasan seorang perempuan untuk berwirausaha. Upaya yang awalnya berangkat dari alasan ekonomi, dan akhirnya mungkin menjadi bentuk ekspresi diri, nyatanya mampu menjadi fondasi bagi perkembangan ekonomi di Indonesia. Mereka menjadi motor perkembangan bangsa karena dapat membuka lapangan pekerjaan, menyediakan barang dan jasa, serta berkontribusi dalam upaya pemerintah untuk memberantas kemiskinan.
Meski sering dipandang sebelah mata, ternyata para perempuan pengusaha punya peran penting dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. "Partisipasi dalam pertumbuhan ekonomi sangatlah penting, tidak hanya untuk menurunkan tingkat kemiskinan di kalangan perempuan, tetapi juga sebagai langkah penting menuju peningkatan pendapatan rumah tangga dan mendorong pembangunan ekonomi negara secara keseluruhan," ungkap Nenny Soemawinata, Managing Director Putera Sampoerna Foundation, saat bincang-bincang "Tantangan dan Peluang Wirausaha Wanita Menuju Kesuksesan" di Pisa Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2011) lalu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2009, terdapat 3,9 juta perempuan angkatan kerja yang menjadi pengangguran, dan 30 juta perempuan yang hanya bekerja mengurus rumah tangga dan tidak mandiri secara ekonomi. Sekalipun bekerja, 72 persen perempuan Indonesia bekerja di sektor pertanian, 28 persen bekerja di sektor non-pertanian, dan 19,63 persen bekerja di sektor informal.
Kondisi ini mengindikasikan bahwa perempuan hanya memiliki kesempatan yang sempit untuk memutuskan proses pewarisan kemiskinan karena tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkan pekerjaan dengan upah yang lebih baik untuk dirinya sendiri dan keluarganya.

"Para perempuan jarang mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan berbagai pelatihan dan kesempatan untuk maju. Maka sangat diperlukan berbagai upaya dan motivasi untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan untuk memperjuangkan kesetaraan gender, dengan pelatihan dan pemberdayaan ekonomi, demi menciptakan kemandirian perempuan," tukas Nenny.
Berbagai pelatihan dan keinginan untuk meningkatkan ekonomi diri sendiri serta keluarga dalam diri perempuan kini sudah mulai berkembang. "Kondisi krisis ekonomi dan maraknya PHK secara tak langsung membuat kaum perempuan ini termotivasi dan mengembangkan jiwa wirausahanya," tukas Pinky Saptandari, Staf Ahli Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Kompas Female, saat acara Katumbiri Expo 2011 di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2011) lalu.

Sumber: Kompas.com/female

Download Majalah Bisnis Digital UKM, Klik disini

Sponsor:

Resi Muslimah Boutique

Menyediakan Koleksi Busana Muslimah yang berkualitas, modis dan Trendi, Detail>>

CPNSONLINE.COM

persiapankan diri Anda dengan latihan soal-soal dan pembahasannya untuk menghadapi Ujian Seleksi CPNS 2011-2012,sehingga Anda akan lebih percaya diri dalam mengikuti seleksi CPNS tahun ini. Kami sangat menyadari dan mengerti kebutuhan Anda, Informasi dan materi apa saja yang Anda butuhkan, serta latihan soal tes yang bagaimana seharusnyaAnda persiapkan. Semua kebutuhanAnda kini kami rangkum dalam ebook ini, Detail>>

Iklan

Posted on 18/12/2011, in Usaha Bisnis and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: