Kuota Sertifikasi Guru Bertambah

Kuota sertifikasi guru tahun ini bertambah 10.000 dari alokasi anggaran pendidikan di APBN Perubahan. Penambahan kuota sertifikasi guru diberikakan pada daerah-daerah yang berkinerja baik dalam memanfaatkan alokasi kuota yang diberikan pemerintah pusat.

Unifah Rosyidi, Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan Nasional, dalam kunjungan kerja di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (2/10/2011) mengatakan kuota sertifikasi guru tahun ini menjadi 310.000 guru. Penambahan kuota dalam rangka percepatan sertifikasi guru yang mesti tuntas tahun 2015.

Menurut Unifah, dari tambahan kuota sertifikasi 10.000 orang itu, sebanyak 2.000 orang diserahkan secara khusus untuk daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). Daerah NTT mendapat perhatian khusus pemerintah untuk mengejar ketertinggalan dalam bidang pendidikan.

Menurut Unifah, dengan terobosan nomor unik pendidik tenaga kependidikan (NUPTK) online yang mulai diterapkan tahun ini, pemerintah daerah tidak sulit untuk menentukan guru yang layak disertifikasi. “Kami mencoba untuk membuat penetapan sertifikasi oleh dinas pendidikan secara terbuka dengan adanya NUPTK online. Guru-guru yang ada berhak untuk diikutkan sertifikasi sesuai UU Guru dan Dosen,” kata Unifah.

Dalam kunjungan kerja di Palu, Unifah melihat pelaksanaan pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) Rayon 125 Universitas Tadulako, Palu. Di Sulawesi Tengah kuota awal sertifikasi guru tahun ini ditetapkan 2.774 guru. Kemudian, mendapat tambahan 360 guru.

Asep Mahfudz, Ketua Pelaksana Sertifikasi Guru Rayon 125 Universitas Tadulako, mengatakan pelaksanaan sertifikasi dibagi sekitar 8-9 angkatan. Pada pelaksanaan pekan ini, sudah memasuki angkatan ke-5.

“Dijadwalkan selesai Oktober atau November. Pelaksananaannya diatur sesuai gradasi umur. Semakin di penghujung, banyak guru-guru muda yang diikutkan PLPG,” kata Asep.

kompas.com/minggu, 2 oktober 2011

Iklan

About Resi Andriani

Selamat datang di Blog Pribadi saya drwskincare Resi andriani, saya adalah salah satu Beauty Consultant di Drwskincare. Tujuan saya untuk buat blog ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi bagi teman-teman semua mengenai produk-produk resmi yang ada di drwskincare. semua pertanyaan juga bisa saya jawab di no wa saya 085271792673, jangan sungkan ya untuk mendapatkan Info mengenai drwskincare.. :)

Posted on 02/10/2011, in Edukasi. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: