Membuat Curriculum vitea

CV atau Curriculum Vitae adalah jendela para perusahaan melihat diri Anda. Sebelum berhadapan dengan Anda untuk wawancara. Mereka menilai Anda melalui CV Anda.

A. Apa yang Harus Ada di CV Anda?

Berikut ini beberapa hal yang wajib di CV Anda. Jika Anda tidak melengkapinya, Anda. Item-item tersebut, antara lain.

1.Informasi Kontak

Bayangkan jika Anda telah membuat CV yang lengkap bahkan sampai pada kegiatan Anda waktu taman kanak-kanak, tetapi Anda lupa mencantumkan alamat ataupun no telepon yang bisa dihubungi. Apa yang akan terjadi? Tentu saja semua menjadi sia-sia. Oleh karena itu, lengkap CV Anda dengan alamat atau nomor telepon yang bisa dihubungi.

Disebabkan saat ini adalah zaman internet, jangan lupa untuk menyertakan e-mail ataupun account yang benar-benar sering Anda gunakan dan Anda sering-sering membukanya.

2. Pengalaman

Informasi yang sangat diharapkan oleh perusahaan adalah pengalaman profesional Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk mencantumkan pengalaman profesional Anda secara detail.

Hal ini sangat berarti, maka usahakan untuk melihat berkali-kali CV Anda. Pastikan bahwa Anda adalah seseorang yang sangat potensial. Kaji CV yang telah Anda buat. Yakinkan bahwa CV Anda menampilkan keistimewaan Anda.

3. Kata Kunci

Pada perusahaan-perusahaan besar, CV Anda mungkin akan dimasukkan ke database. Disana mereka akan mencatat posisi yang memungkinkan untuk Anda. Jika Anda menyertakan kata kunci yang berkaitan dengan posisi tersebut, itu akan membantu mereka. Jika Anda memperingan pekerjaan mereka, tentunya CV Anda akan dihargai.

4. Kemampuan

Kebanyakan setiap pekerjaan membutuhkan kualifikasi, kemampuan. Oleh karena itu, tonjolkan kemampuan Anda sesuai dentgan target pekerjaan yang Anda sasar. Lampirkan pula sertifikasi-sertifikasi kursus yang pernah Anda ikuti yang berkaitan dengan kualifikasi kemampuan tersebut.

5. kesimpulan

Anda dapat membuat kata penutup pada CV Anda yang menyatakan bahwa Anda siap untuk dipanggil lebih lanjut.

Hal-hal diatas adalah informasi dasar yang wajib ada di CV Anda. Silakan periksa kembali CV yang telah Anda buat.

Mungkin yang menjadi pertanyaan Anda adalah berapa panjang CV yang harus Anda buat? Menurut Glen Kwarcinski, senior technical recruite di Apple, untuk kandidat junior bisa 3-4 halaman. Akan tetapi, ada juga yang cukup ekstrem. Kata Craig Campbell, direktu perekrutan di Dolby Laboratories, satu halaman. Satu tidak menyukai orang-orang yang melebihi hal itu.

Penulis sendiri lebih menyukai 2-3 halaman. Disebabkan sangat sulit menulis daftar riwayat hidup dalam satu halaman terutama jika anda mempunyai banyak pengalaman yang bisa dipaparkan

Subbab berikut ini, penulis paparkan contoh-contoh CV agar dapat menjadi perbandingan atau inspirasi untuk Anda.

Download Contoh Curiculum Vitae Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Download Soal BUMN dan BANK Klik disini

Iklan

Posted on 21/05/2011, in Surat Lamaran Pekerjaan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: