Ratursan CPNS Tolak Tes Ulang

Sedikitnya 180 calon pegawai negeri sipil (CPNS) mewakili 236 yang lulus menyerbu Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (18/4) pagi di Jalan Soekarno-Hatta Sungai Raya. Mereka menolak salah satu isi rekomendasi tes ulang yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Reformasi Birokrasi.Bontot Wawan Kurniawan, koordinator lapangan di sela-sela aksi aksi kepada sejumlah wartawan mengatakan kalau kedatangan mereka ke Pemkab Kubu Raya karena sampai saat ini, surat keputusan (SK) atau nomor induk pegawai (NIP) belum dikeluarkan. Yang menjadi pertanyaan mereka sampai sekarang adalah mengapa tidak dikeluarkan? ”Masalahnya sepele saja. Misalnya tidak melakukan koordinasi dengan Gubenur Kalbar Cornelis, kemudian lembar jawaban kerja (LJK) tidak ditandatangani termasuk tidak melibatkan pihak ketiga,” katanya. ”Persoalan sepele, seperti itu, kenapa sampai harus mengorbankan CPNS lulus? Namun bagaimanapun, itu tidak menggugurkan status CPNS tahun 2010 yang sudah kami sandang. Kami akan terus perjuangkan sampai titik darah penghabisan,” ancam dia.Lebih lanjut, katanya, mereka yang lulus tentu tidak akan tinggal diam. Mereka siap mengirimkan perwakilan ke Kemenpan dan Reformasi Birokrasi untuk melakukan dialog. Bahkan 236 CPNS yang lolos tersebut akan bertandang ke Jakarta dan bersama-sama melakukan aksi.

Dalam aksinya, ratusan CPNS yang lulus tersebut tidak saja melakukan orasi, mereka membentang spanduk berisikan tuntutan. Mereka menyebarkan pamflet berisikan pernyataan sikap. Bahkan, mereka memberikan deadline 2×24 jam ke depan, di mana harus ada keputusan dikeluarkan. ”Kalau tidak, kita akan adakan aksi serupa, bahkan lebih heboh dan ramai hingga SK dan NIP benar-benar dikeluarkan Kemenpan,” ungkap Bontot.Di samping menggelar aksi, mereka juga akan menyiapkan sejumlah langkah hukum seandainya NIP CPNS Kubu Raya tidak dikeluarkan Kemenpan dan Reformasi Birokrasi. ”Kita akan tuntut, walaupun harus sampai berakhir ke pengadilan,” kata Bontot.

Di tempat terpisah, seusai menemui para CPNS lulus, Kepala BKD Kubu Raya M Noh Syaiman kepada sejumlah wartawan menegaskan menolak surat rekomendasi BKN untuk mengadakan tes ulang. ”Kami jelas menolak. Sebab, yang sudah kami lakukan sangat prosedural, transparan, dan apa adanya. Tidak ada rekayasa sama sekali,” tandasnya. Namun, lanjut dia, dalam persoalan ini BKD tidak akan tinggal diam. Setelah aksi CPNS yang lulus seleksi, Pemkab juga menyiapkan sejumlah langkah. Misalnya, membuat surat dan meminta ke Kemenpan dan Reformasi Birokrasi supaya tidak mengeluarkan keputusan fatal hanya karena persoalan administrasi. Kemudian keputusan pembatalan, menurut dia, tidak boleh terjadi karena penilaian BKN yang tidak adil dan objektif mengenai CPNS Kubu Raya.

Sebelumnya, Noh memaparkan bahwa berdasarkan hasil skan di Pemkab dan pusat, tidak ditemui adanya kekurangan atau masalah, kemudian dipersoalkan sehingga tidak lagi menjadi subtansial. Menurut dia, apa yang disampaikan dan dilakukan CPNS lulus tersebut adalah hak mereka menuntut NIP dan SK. “Ïtu dulu langkah pertama kita dan kita langsung sampaikan ke Kemenpan sekaligus langkah kita menangkis surat rekomendasi yang dikeluarkan BKN,” ujarnya.
Apakah BKD akan lakukan upaya hukum? Untuk masalah tersebut, menurut dia, bukan kewenangan BKD. BKD sendiri justru akan menempuh jalur formal. Namun kalau CPNS lolos yang melakukannya, itu adalah hak mereka. ”Hak kami adalah berjuang hingga keputusan terbaik dikeluarkan Kemenpan dan Reformasi Birokrasi,” ujarnya.
Meski demikian, BKD tetap masih menyesalkan kenapa surat rekomendasi keluar keputusan kesalahannya berpindah-pindah. Misalnya mulai masalah koordinasi, kerjasama pihak ketiga (universitas), dan terakhir tidak ditandatanganinya LJK. “Ini kok seperti ada apa dan mengapa perimbangannya itu?” terangnya.Padahal, lanjut Noh, BKD pada awalnya sudah melakukan skan secara keseluruhan. Perangkingan nilai ataupun skor pertama sampai ke nomor buntut, ditegaskan dia, tidak pernah ditutup-ditutupi. “Dan saya hanya berharap keputusan Kemenpan dan Reformasi Birokrasi yang keluar benar-benar berpihak kepada CPNS lolos,” kata dia.

DOWNLOAD SOAL CPNS

Download Soal Soal Latihan Ujian CPNS

Iklan

Posted on 25/04/2011, in Berita CPNS and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: