Potret Kinerja Pegawai negeri sipil Indonesia

Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Sambas diminta meningkatkan disiplinnya, terutama dalam mematuhi jadwal masuk dan pulang kerja. Pasalnya, banyak PNS yang tidak memperhatikan jam kerja, masuk siang, dan pulang lebih awal. Kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diminta tegas.
“Sangat memprihatinkan kondisinya. Harusnya PNS disipilin agar dapat melayani masyarakat dengan baik,” ujar Anggota DPRD Sambas Tjong Tjihok.Sebagian SKPD pada pukul 08.00 WIB hari kerja, menurut pengamatan dia, masih sepi dan belum semua aparatur yang masuk kantor. Bahkan pada pukul 09.00 WIB, PNS baru berdatangan ke kantor. Hal ini jelas mengecewakan masyarakat. Apalagi pada hari Jumat, usai salat jumat, kantor di bawah naungan Pemkab Sambas cenderung sepi. “Bagaimana pelayanan dan kinerja maksimal kalau masuk saja siang dan pulangnya awal?” keluh Bruno, sapaan akrabnya.
Anggota DPRD dari Selakau ini meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sambas memberi sanksi kepada PNS yang kurang disipilin tersebut sesuai aturan. Pasalnya dia khawatir hal ini akan berlarut jika tidak segera ditindak tegas. “BKD mesti mengambil sikap. Kondisi ini sudah lama terjadi dan kalau dibiarkan semakin parah,” katanya.Tidak hanya itu, banyak PNS yang ternyata masih bersantai saat di kantor. Padaha, menurut Bruno, banyak yang dapat dikerjakan saat di kantor. Disayangkan dia karena seorang PNS biasanya beralasan tidak ada kerjaan di kantor yang membuat mereka santai. “Itu mengada-ada, pasti ada kerjaan yang harus diselesaikan di kantor,” ucapnya.
Pelaksanatugas (Plt) Kepala BKD Sambas Suhaimi ditemui secara terpisah mengatakan bahwa jam kerja SKPD di lingkungan Pemkab Sambas adalah pukul 07.00 – 15.00 WIB. Walau demikian, dia mengaku masih ada toleransi bagi PNS yang berada di luar kota atau berdomisili di Singkawang. Karena memang tidak sedikit PNS Sambas yang tempat tinggalnya di Singkawang. “Tapi toleransinya tidak begitu lama, jam 08.00 sudah (harus) ada di kantor,” jelasnya.
Dia berjanji akan berupaya menertibkan jadwal masuk dan disiplin PNS tersebut. Beberapa waktu lalu Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Pemkab Sambas telah membuat surat imbauan kepada SKPD untuk apel pagi dan sore, agar PNS masuk dan pulang serentak. “Kami akan berusaha menertibkan dan menegakan disiplin sesuai aturan,” janjinya.
Dalam PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Kepegawaian, Suhaimi memaparkan bahwa penindakan dan pemberian sanksi bagi PNS dilakukan berjenjang. Tidak semuanya langsung ke BKD. Atasan langsung pada instansi yang bersangkutan berdinas, menurut dia, dapat memberikan sanksi. “Tidak semuanya lantas BKD yang memberi sanksi. Dilakukan berjenjang mulai dari atasan langsung.

Download Soal Soal Latihan Ujian CPNS

Iklan

About Resi Andriani

Selamat datang di Blog Pribadi saya drwskincare Resi andriani, saya adalah salah satu Beauty Consultant di Drwskincare. Tujuan saya untuk buat blog ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi bagi teman-teman semua mengenai produk-produk resmi yang ada di drwskincare. semua pertanyaan juga bisa saya jawab di no wa saya 085271792673, jangan sungkan ya untuk mendapatkan Info mengenai drwskincare.. :)

Posted on 25/04/2011, in Berita CPNS and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: