Pegawai Pajak Yang Terlibat Gratifikasi Sudah Dipecat

Kementerian keuangan sudah menjatuhkan sanksi kepada tujuh pegawainya yang terlibat gratifikasi. Inspektur Bidang Investigasi  Hadi Rudjito ditemui di ruang kerjanya Rabu (20/4) menuturkan beberapa dari tujuh pegawai sudah dipecat. Salah satunya pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.   Hadi tidak mau menyebutkan nama ketujuh pegawai Kementerian Keuangan yang terlibat gratifikasi itu. Termasuk besarnya kerugian negara yang ditimbulkan.  “Kasihan juga dengan mereka, dan mereka sudah mendapat ganjarannya,” kata Hadi.

Sebelumnya Inspektorat Jenderal mengungkapkan bahwa tujuh pegawai Kementerian Keuangan terbukti menerima gratifikasi. Mereka terdiri atas satu pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta enam pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Inspektorat mengusulkan supaya ketujuh orang itu dipecat.

Skandal ini terungkap setelah ada laporan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang menemukan 62 transaksi keuangan mencurigakan milik pegawai Kementerian Keuangan dan Pengadilan Pajak. Dalam berkas yang diterima sepanjang 2007-2011, terdapat dua sampai tiga transaksi mencurigakan yang dilakukan oleh orang yang sama.

Dua di antara enam pegawai pajak yang diperiksa Inspektorat Jenderal telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun lalu. Meski begitu kemarin Wakil Ketua Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, M. Jasin mengatakan belum mengetahui adanya laporan dua pegawai pajak dalam kasus gratifikasi itu.

Menanggapi ini, Hadi Rudjito menyebutkan inspektorat jenderal telah mengirimkan berkas itu ke KPK tahun lalu. “Tadi mereka (KPK) menghubungi kami dan sudah dijawab, “ katanya. 

Hadi memaklumi KPK memiliki kesibukan yang sangat padat sehingga dua berkas tersebut terlupakan. “Keduam nilainya tidak seberapa dibanding yang ditangani KPK yang nilainya miliaran rupiah,” kata Hadi.
Wakil Menteri Keuangan Any Ratnawati  mengatakan Kementerian  akan terus melanjutkan penyelidikan terhadap temuan PPATK. “Kami pelajari lagi, dan kalau terbukti bersalah akan ditindak pidana,” tutur Any. Selain itu Kementerian Keuangan tidak akan segan memecat pegawai yang terbukti terlibat tindakan melawan hukum. 

Kumpulan Soal Ujian CPNS

Download Soal Soal Latihan Ujian CPNS

Iklan

Posted on 25/04/2011, in Berita CPNS and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: