Memancing Uang dengan Berjejaring

Tak sedikit orang yang hanya fokus mengejar uang, kekuasaan, kesuksesan (menurut versinya), namun tak punya kapasitas diri yang besar untuk menampungnya. Motivator muda dan pengusaha properti Bong Chandra mengatakan, sudah waktunya mengubah fokus pribadi, bukan lagi mengejar uang namun melipatgandakan kapasitas diri. Kunci sukses melipatgandakan kapasitas diri adalah dengan berjejaring. Dengan begitu, uang atau kesuksesan akan datang dengan sendirinya, dan kapasitas diri yang semakin besar akan mengimbangi kesuksesan tersebut.

“Setiap orang harus memiliki fokus untuk memultifikasi kapasitas diri. Uang ada di mana-mana tetapi tak ada di kantong karena kapasitas kita terlalu kecil. Setiap kali mendapatkan rejeki, jangan fokus pada apa yang didapatkan tetapi fokuslah pada si pemberi. Bangunlah hubungan dengan si pemberi rejeki, agar nantinya bisa terjalin kerjasama yang lebih besar lagi. Jangan mengejar uangnya, tetapi perbesarlah kapasitas, siapkan kantong yang lebih besar untuk menampung uang. Multiply your capacity,” kata Bong, menjelaskan motivasi diri yang selalu ditekankannya kepada setiap peserta seminar.

Menurutnya, setiap individu boleh memiliki banyak target dan tujuan setiap tahunnya, namun Bong selalu menekankan kepada peserta yang mengikuti seminar motivasinya, untuk selalu melipatgandakan kapasitas diri.

Selain berjejaring, Bong memberikan cara melipatgandakan kapasitas diri. Pertama, katanya, ciptakan daya ungkit dalam setiap aktivitas dan pekerjaan Anda. Bekerjalah lebih cerdas, ini menjadi alat bantu Anda dalam meningkatkan kapasitas diri. Kedua, tingkatkan pengetahuan. Berinvestasilah dengan waktu, uang, dan ego. Berinvestasi dengan waktu untuk meningkatkan pengetahuan bisa didapatkan dari kebiasaan membaca buku.

“Orang yang mau meningkatkan kapasitas dirinya akan selalu mencari tahu untuk menambah pengetahuan. Ia akan pergi ke toko buku, mencari buku yang bisa meningkatkan kapasitas dirinya,” jelas Bong.

Sementara investasi ego maknanya adalah mau belajar dari anak muda. Pengetahuan bisa didapatkan dari mana saja. Jika fokusnya adalah meningkatkan kapasitas diri, maka belajar dari orang yang lebih muda menjadi salah satu cara mendapatkan pengetahuan. Cara ketiga untuk melipatgandakan kapasitas diri adalah membangun karakter dan integritas diri. “Lakukan apa yang kita katakan,” jelas Bong. Praktisnya, bertanggungjawablah atas diri sendiri dan jangan menyalahkan orang lain.

Seseorang bisa mencapai puncak dengan kharisma, skill, dan pengetahuan. Namun seseorang hanya bisa bertahan di puncak kesuksesan karena memiliki karakter dan integritas, tegas Bong saat ditemui Kompas Female di perumahan Ubud Village, Ciledug, Tangerang.

Kumpulan Soal-Soal CPNS

Iklan

About Faisal Saleh

My Name is Faisal Saleh

Posted on 08/04/2011, in Berita CPNS and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: