Pendaftaran Magang Untuk Mahasiswa Riau di PT.Chevron Pacific Indonesia (CPI)

Para mahasiswa Riau kembali mendapatkan kesempatan untuk bergabung program belajar bekerja terpadu (BBT) di PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Selama enam bulan, para mahasiswa terpilih akan menjalani magang kerja di berbagai departemen di CPI yang sesuai dengan latar belakang jurusan mereka. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa sebelum benar-benar memasuki dunia kerja kelak.

‘’Program BBT ini merupakan program kemitraan yang sangat strategis karena melibatkan perguruan tinggi, mahasiswa, dan dunia usaha. Program ini memberikan dampak yang positif karena dapat menjembatani keperluan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja,’’ tutur General Manager Policy, Government & Public Affairs CPI Djati Sussetya, Selasa (17/8).

Calon peserta yang berminat dapat mendaftarkan diri di Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2) Universitas Riau di kampus Gobah dengan nomor telepon 0761-37556. Pendaftaran program BBT semester kedua 2010 ini dibuka hingga akhir 25 September 2010.

Proses seleksi dilaksanakan melalui kerja sama dengan P2K2 untuk memilih sekitar 47 Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2) Universitas Riau. Kali ini ada 41 kursi yang tersedia bagi para mahasiswa yang dinilai terbaik berdasarkan hasil seleksi. Kesempatan ini dibuka bagi mahasiswa dari lima perguruan tinggi terbesar di Riau, yakni Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim, Universitas Lancang Kuning, serta Politeknik Caltex Riau.

Pada Senin (16/8) lalu, perwakilan CPI bertemu dengan Direktur P2K2 Prof Dr Haryono MSc dan Kepala Bidang Coop Prof Dr Amir Awaluddin untuk membahas persiapan program BBT pada semester kedua tahun ini. Tampak juga hadir Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau dalam pertemuan yang berlangsung di kantor CPI Rumbai tersebut.

Proses seleksi terdiri atas dua tahap, yaitu tes tertulis dan wawancara oleh tim khusus P2K2 serta perwakilan dari departemen di CPI yang akan menjadi lokasi penempatan para mahasiswa terpilih.

Mahasiswa yang lolos seleksi akan bertugas di Departemen Finance, Supply Chain Management (SCM), Medical, IT, Human Resources (HR), dan Policy, Government, & Public Affairs (PGPA). Agar selaras dengan kebutuhan departemen yang akan menjadi lokasi tugas, saat ini yang dibutuhkan adalah mahasiswa yang berlatar belakang jurusan Akuntansi, Perpajakan, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Pembangunan, dan Komunikasi agar selaras dengan kebutuhan departemen yang akan menjadi lokasi tugas. Mahasiswa yang lolos seleksi akan bertugas di Departemen Finance, Supply Chain Management (SCM), Medical, dan Policy, Government, & Public Affairs (PGPA). Pada akhir Oktober nanti, akan ada proses seleksi lagi untuk ditempatkan di Departemen Human Resources (HR) dengan menyeleksi mahasiswa yang berlatar belakang jurusan Manajemen, Hukum, Administrasi Niaga, dan FKIP Bahasa Inggris.

Sebelum mendaftar, mahasiswa yang bersangkutan (calon peserta) sudah harus menyelesaikan mata kuliah teori atau minimal 110 SKS, dan memiliki IPK minimal 3,00. Selama mengikuti program ini, para peserta berhak mendapatkan imbalan pendapatan sesuai peraturan Program BBT di CPI.

Program yang sangat bermanfaat ini telah berjalan sejak 2006. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 150 mahasiswa yang pernah mengikuti program tersebut. Pjs Manager PGPA Specific AreaRumbai Iwan Tofani Iljas Imamul Ashuri selaku penanggung jawab program ini menjelaskan, saat ini dibutuhkan kajian mengenai dampak keberhasilan Program BBT ini, baik bagi CPI selaku penerima peserta, perguruan tinggi selaku pihak peserta program, maupun bagi para mahasiswa. ‘’Indikator keberhasilan ini mutlak diperlukan agar BBT lebih terukur keberhasilannya dan lebih terarah sehingga bisa dikembangkan lebih baik,’’ tambahnya.

Selain BBT, CPI juga membantu mahasiswa dari berbagai kampus di tanah air dengan menyediakan peluang untuk melakukan kerja praktik (KP) dan tugas akhir (TA). Sementara untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah operasi, CPI dan para mitra kerjanya menyediakan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG), semacam program magang selama tiga bulan, melalui sinergi dengan sekolah-sekolah bersangkutan.(hen). Ref : Riaupos

Iklan

About Resi Andriani

Selamat datang di Blog Pribadi saya drwskincare Resi andriani, saya adalah salah satu Beauty Consultant di Drwskincare. Tujuan saya untuk buat blog ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi bagi teman-teman semua mengenai produk-produk resmi yang ada di drwskincare. semua pertanyaan juga bisa saya jawab di no wa saya 085271792673, jangan sungkan ya untuk mendapatkan Info mengenai drwskincare.. :)

Posted on 20/08/2010, in lowongan Perusahaan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: