China Selatan Terkurung Topan

 

BEIJING, KOMPAS.com – China bagian selatan menghadapi topan kedua dalam seminggu. Pelayaran dan penerbangan sudah terganggu oleh hujan deras dan angin kencang menjelang datangnya topan Chanthu yang diprakirakan mendarat Kamis (22/7) malam.

Minggu lalu, Topan Conson melanda Hainan juga di China selatan, dan menewaskan dua orang, sebelum topan itu menuju Vietnam.

Topan Chanthu naik dari badai tropis setelah mendapatkan kekuatan tambahan di Laut Cina Selatan. Topan itu diperkirakan akan memukul Yangjiang di Provinsi Guangdong dan Qionghai di pulau resor di Hainan, kata kantor berita resmi Xinhua. Pelayaran antara Hainan dan China daratan telah dihentikan dan puluhan penerbangan dibatalkan, kata kantor berita itu. Lebih dari
26.000 perahu nelayan juga berlindung di tempat perlindungan di pelabuhan Hainan.

Pihak pemerintah, Rabu, mengatakan, setidaknya 701 orang tewas sejak awal tahun ini sebagai akibat hujan lebat yang menyapu sebagian besar China selatan dan tengah, serta 347 lainnya yang hilang. Skala kehancuran, dengan prakiraan hujan yang banyak, telah menambah ketakutan akan terjadinya bencana yang lebih besar ketimbang bencana tahun 1998 ketika Sungai Yangtze meluap dan menyebabkan lebih dari 4.000 orang meninggal. Namun pemerintah mengatakan, saat ini kondisinya berbeda karena warga sudah jauh lebih siap.

Perdana Menteri Wen Jiabao, dalam komentar yang diterbitkan media China, Kamis, mengatakan, situasinya memang serius dan menyerukan upaya pencegahan bencana yang lebih besar. "Negara ini berada pada tahap genting dalam menghadapi banjir, dengan permukaan air Sungai Yangtze, Sungai Huai dan Danau Tai melampaui batas keselamatan. Situasi ini sangat serius karena topan juga sedang menuju kemari," kata Wen.

Iklan

About Resi Andriani

Selamat datang di Blog Pribadi saya drwskincare Resi andriani, saya adalah salah satu Beauty Consultant di Drwskincare. Tujuan saya untuk buat blog ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi bagi teman-teman semua mengenai produk-produk resmi yang ada di drwskincare. semua pertanyaan juga bisa saya jawab di no wa saya 085271792673, jangan sungkan ya untuk mendapatkan Info mengenai drwskincare.. :)

Posted on 22/07/2010, in Tak Berkategori and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: