Tersangka Pengunggah Pertama Tiga Video Asusila Ariel, Luna dan Cut Tari

Pengunggah Video Pertama Teman Ariel

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang menerangkan, tersangka pengunggah pertama tiga video asusila yang menghebohkan itu adalah RJ. Tersangka bekerja sebagai editor rekaman band yang beranggotakan vokalis Nazriel Irham alias Ariel.
"Kami yakini, dia orang pertama yang menyebarluaskan video," kata Edward dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jumat (16/7/2010).
Edward menjelaskan, setelah mendapat bukti-bukti awal yang bisa menunjukkan dugaan keterlibatan RJ dalam penyebaran video-video tersebut, penyidik kemudian memanggil yang bersangkutan untuk meminta keterangan. Tanpa ada penjemputan paksa, RJ datang ke Polwiltabes Bandung untuk diperiksa.
Kemudian, tambah Edward, setelah yakin RJ terlibat, penyidik harus meminta surat izin kepada pengadilan melalui kejaksaan untuk melakukan penangkapan. Prosedur itu sesuai dengan Pasal 43 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik. "Izin sudah diterima pagi ini. Sebelumnya, yang bersangkutan dalam pemeriksaan. (Ia) baru secara resmi ditangkap hari ini," kata Edward lagi.
Dengan penetapan RJ sebagai tersangka, penyidik telah menetapkan 10 pengunggah sebagai tersangka. Salah satunya berinisial K, ahli teknologi informasi. Mereka dikenakan UU ITE.

RJ Merupakan Editor Rekaman Band Ariel

Polisi telah menjadikan RJ tersangka pengunggah kali pertama video-video seks yang menyeret Nazriel Irham atau Ariel, Luna Maya, dan Cut Tari sebagai tersangka. Polisi menyebut, RJ merupakan editor rekaman band tempat Ariel bergabung sebagai vokalis. Muncul kabar, RJ merupakan asisten dari produser dan music director album grup itu. 
Ketika ditanya lewat telepon, apakah RJ yang dimaksud polisi merupakan asisten dan orang dekatnya, produser dan music director album band Ariel Cs, Hary Cahyo Purnomo alias Capung "Java Jive", diam sejenak sebelum akhirnya memberi jawaban. "Saya belum bisa ngomong. Saya belum bisa kasih komentar. Enggak enak saja ngobrolnya," ucap Capung kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (16/7/2010). 
Waktu ditanya apakah ia merasa kecolongan kalau ternyata kabar itu benar, Capung menjawab lagi, "Ya, kalau memang benar. Seperti itulah (kecolongan). Tapi, kami kan juga belum tahu kasusnya. Kasusnya juga belum jelas kan?"
Capung menyatakan akan lebih dulu berbicara dengan tim dan manajemennya sebelum memberi keterangan lebih jauh kepada media. "Kami belum bicara dengan tim dan manajemen. Pokoknya, setelah ini kami akan evaluasi tim yang ada," ujarnya

RJ Mengaku Curi Video dari Laptop Ariel

Dalam penyelidikan sementara terhadap tersangka RJ, yang bersangkutan mengaku telah mencuri data hasil rekaman video-video adegan intim yang diduga dimainkan oleh vokalis Nazriel Irham alias Ariel dengan dua presenter, Luna Maya dan Cut Tari, dari laptop milik Ariel.
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang mengatakan, RJ merupakan salah satu editor rekaman band Ariel. Namun, Edward mengaku tidak mengetahui band apa yang dimaksud. "Jadi, di laptopnya banyak data. Dia dilarang utak-atik data, tapi dicuri dan disebar," ujar Edward di Mabes Polri, Jumat (16/7/2010).
Dikatakan pula oleh Edward, pihaknya masih menyelidiki motif RJ mencuri dan menyebarluaskan rekaman asusila tersebut ke dunia maya. Hingga kini penyidik masih memeriksa RJ di Polwiltabes Bandung. Sebelumnya, RJ datang tanpa dijemput paksa setelah dipanggil oleh penyidik untuk diperiksa.
Sama seperti sembilan tersangka pengunggah video-video yang sama, penyidik menjerat RJ dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik. "RJ masih diperiksa dalam 1 x 24 jam dan akan dilanjutkan dengan penahanan jika penyidik yakin untuk melakukan penahanan," ujar Edward lagi.

Iklan

Posted on 16/07/2010, in Berita Populer, national and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: