Kementerian Luar Negeri RI Selenggarakan Pelatihan di Bidang Pengentasan Kemiskinan Kepada Negara-negara Berkembang di Yogyakarta tanggal 8-13 Juni 2010.

Dalam rangka peningkatan soft diplomasi Indonesia di dunia internasional, Kementerian Luar Negeri Rl bekerjasama sama dengan Colombo Plan akan menyelenggarakan kegiatan "International Training Workshop on Poverty Reduction" di Yogyakarta pada tanggal 8-13 Juni 2010. Kegiatan akan diikuti oleh 13 peserta dari 10 negara anggota Colombo Plan yaitu Bangladesh, Bhutan, Iran, Laos, Maladewa, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Vietnam ditambah dengan Timor Leste. Pelatihan direncanakan dibuka oleh Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik dan akan dihadiri oleh wakil-wakil dari Colombo Plan, instansi terkait serta Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut selain meningkatkan pengetahuan kepada para peserta mengenai berbagai hal terkait dengan pengentasan kemiskinan (poverty reduction) dan upaya-upaya yang telah dilakukan Indonesia, juga merupakan sarana tukar menukar pengalaman di antara para peserta tentang berbagai kebijakan dan program pengentasan kemiskinan di masing-masing negara. Oleh karena itu, materi pelatihan tidak saja diberikan dalam bentuk teori tetapi juga berupa pengetahuan praktis yang akan diberikan oleh berbagai nara sumber dari pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat yang banyak berkecimpung dalam penanganan masalah pengentasan kemiskinan. Disamping itu, masing-masing peserta juga akan mempresentasikan tentang langkah-langkah yang telah dan akan diambil oleh pemerintahnya dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Untuk memperdalam pengetahuan para peserta tentang keberhasilan Indonesia dalam melaksanakan pengentasan kemiskinan, para peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung desa Krebet dan Berbah, dua desa percontohan yang dinilai oleh pemerintah RI telah berhasil mengurangi tingkat kemiskinan di desanya melalui pengembangan berbagai kegiatan berbasis kemasyarakatan dalam upaya peningkatan taraf hidup masyarakat setempat.

Pelatihan di bidang pengentasan kemiskinan ini merupakan salah satu dari 9 program pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri dalam tahun 2010. Kementerian Luar Negeri menilai keunggulan Indonesia dalam pemberian pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas negara-negara lain dapat membantu pelaksanaan diplomasi Indonesia di dunia internasional. Disamping pelatihan ini, Kementerian Luar Negeri telah memberikan pelatihan mengenai teknik penanaman padi kepada para petani Mozambique, pelatihan di bidang pengembangan sumber tenaga micro-hydro bagi pengembangan pedesaan serta pelatihan mengenai perikanan, kepada negara-negara Asia Pasifik dan Afrika. (Dit. KST)

Sb: http://www.deplu.go.id

Iklan

Posted on 10/06/2010, in Kepegawaian (PNS) and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: