Pansus Kesulitan Investigasi Nasabah Century

Pansus Hak Angket Century sempat mengalami kesulitan-kesulitan dalam melakukan investigasi nama-nama nasabah yang diindikasikan telah melakukan transaksi keuangan terkait bail out Bank Century.

Hambatan yang dialami pansus jelas merupakan bukti kelemahan administratif dari manajemen Bank Century.

Fraksi Golkar menilai, hambatan-hambatan yang dialami pansus dalam menelesuri nasabah itu merupakan bukti dari buruknya sistem administrasi dan manajemen Bank Century.

"Hambatan-hambatan yang dialami pansus ini jelas merupakan bukti kelemahan administratif dari manajemen Bank Century," kata anggota Pansus dari Fraksi Golkar Bambang Soesatyo saat menyampaikan pandangan fraksinya, Rabu (17/2/2010).

Bambang menerangkan, dalam penelusuran pansus, kerap ditemukan nasabah-nasabah fiktif dan tak jelas. Selain itu umumnya para nasabah pun menolak untuk diwawancarai. Data profil nasabah yang diterima pansus pun masih kurang lengkap.

Ketidaklengkapan ini juga terjadi pada data transaksi sehingg pansus kesulitan melakukan analisa. "Data dan dokumen yang diperlukan di Bank Century belum seluruhnya diterima, termasuk warkat transaksi dari Bank Century luar Jakarta," urainya.

Hambatan-hambatan ini, selain merupakan kelemahan administrasi, kata Bambang, juga ditengarai sebagai adanya unsur kesengajaan dalam penggunaan uang negara guna penyelamatan Century. Ia mengatakan temuan hasil investigasi pansus ini sejalan dengan temuan PPATK mengenai banyaknya transaksi keuangan yang mencurigakan dalam penggunaan aliran dana Century.

"Temuan ini perlu ditindaklanjuti dengan penyelidikan yang lebih mendalam agar masalah ini dapat diselesaikan secara tuntas dan terang benderang," tegasnya.

Iklan

Posted on 18/02/2010, in Bank Century and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. yah.. palingan banyak rekening fiktif dan nasabah fiktif. kan perampokan yg sudah direncanakan.. udh gitu didukung lagi ma pemerintah trtama demokrat.. aneh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: