Kawin Siri-Kawin Kontrak Dipidana

Mahkamah Agung (MA) mendukung rencana penerapan sanksi pidana bagi pemeluk agama Islam yang melakukan kawin di bawah tangan (kawin siri) dan kawin dengan jangka waktu tertentu (kontrak atau mut’ah). Klausul itu tercantum dalam RUU Hukum Materi Peradilan Agama yang akan dilakukan uji akademik pada 19 Februari.

“Untuk ketertiban masyarakat, saya kira (sanksi pidana) itu bagus,” ujar Ketua MA Harifin Andi Tumpa di Jakarta Jumat lalu (12/2). Tapi yang menentukan kan pemerintah dan pembuat undang-undang,” tuturnya.

Dalam pasal 143 RUU tersebut, setiap orang yang dengan sengaja melangsungkan perkawinan tidak di hadapan pejabat pencatat nikah, dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp6 juta atau hukuman kurungan paling lama enam bulan. Pasal 144 RUU yang sama mengatur, setiap orang yang melakukan perkawinan dalam jangka waktu tertentu atau kawin kontrak dihukum penjara selama-lamanya tiga tahun dan perkawinannya batal karena hukum. Guru Besar Fakultas Hukum dan Syariah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Abdul Gani Abdullah menuturkan, selama ini tidak ada undang-undang yang melarang nikah siri dan kawin kontrak.
Proses penyusunan naskah akademik RUU ini juga diwarnai perdebatan sengit antara pihak yang pro dengan ikatan pernikahan dan pihak yang kontra karena menilai ada pelanggaran aturan negara.
“Di satu sisi, menikah itu kan jalan yang benar, bahkan dimaknai sebagai ibadah, mengapa harus dihukum? Tapi di sisi lain, nikah tidak di depan pejabat negara yang bertugas mencatat nikah itu melanggar UU Perkawinan,” tutur hakim agung ini. Rancangan Undang-undang Hukum Materiil Peradilan Agama Bidang Perkawinan telah masuk pada nomor 50 dalam program legislasi nasional DPR tahun ini.(noe/iro)

Iklan

Posted on 15/02/2010, in national and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: