Postur Ideal Dengan Body Balance

Ingin punya postur tubuh indah menawan? Tak ada salahnya mencoba 9 latihan body balance berikut, dan mimpi memiliki body ideal pun bakal menjadi kenyataan!

Posisi tubuh ternyata bisa jadi penyebab postur tubuh tak ideal. Duduk di depan komputer, menyetir, berjalan dengan sepatu high heels, bisa berbuntut pundak tinggi sebelah, bahu bungkuk, atau dada terlalu busung. Untuk mencegahnya, latihan body balance selama 15 menit 3 kali seminggu akan membantu Anda mengembalikan postur tubuh ideal lagi. Berikut beberapa gerakannya:

1. Downward facing dog
Membungkuk dengan kaki terbuka selebar bahu. Telapak kaki lurus kedepan, tekan ibu jari kaki ke matras. Kedua lengan lurus menghadap depan dan kepala melihat pusar. Tarik paha dan badan ke atas. Tarik bahu hingga melebar ke samping. Tarik punggung memanjang Turun hingga lengan lurus dan kepala dekat dengan matras. Ingat, tumit jangan sampai terangkat.

Tahan posisi lurus selama tiga tarikan nafas diafragma, lalu kembali ke posisi semula. Gerakan ini sangat baik untuk stretching di awal latihan. Tujuannya memanjangkan otot punggung (tulang belakang) dan paha belakang. Pada gerakan ini tidak ada yang ditekuk, sehingga postur jadi lebih panjang.

2. Triangle pose

Buka kaki selebar rentangan tangan. Posisikan telapak kaki kanan lurus ke depan dan satunya lurus ke samping. Perhatikan posisi pantat agak masuk dan tidak terlalu buang ke belakang, supaya beban tulang belakang tidak berat dan pegal. Rentangkan tangan ke samping lebar-lebar, lalu perlahan sentuh telapak kaki yang menghadap ke samping dan tangan satunya ke atas.

Posisi kepala melihat ke ujung tangan yang di atas.Lakukan dan tahan sembari tarik nafas 3 kali, kemudian kembali. ke posisi semula. Gerakan ini sangat baik untuk membuka hip dan memberikan stratching pada otot paha dalam sebelum gerakan inti.

3. Warrior two
Buka kaki selebar rentangan tangan. Telapak kaki kanan lurus ke depan, sementara satunya lurus ke samping. Tarik lutut kiri hingga menekuk dan paha terbuka. Rentangkan tangan ke samping. Perlahan turunkan posisi badan ke bawah, tarik nafas diafragma 3 kali perlahan-lahan, lalu kembali. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk menguatkan otot paha. Lakukan sebagai gerakan inti setelah stretching.

 

4. Tree pose
Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Lipat kaki kiri hingga lurus dan buka menyamping lurus dengan pinggul. Tarik tangan ke atas lalu lipat di depan dada. Tahan posisi ini hingga 3 tarikan nafas diafragma. Gerakan ini ditujukan untuk melatih konsentrasi terutama saat mempertahankan postur sehari-hari.

5. Knee chest pose
Berdiri dengan kaki selebar terbuka bahu. Lipat lutut kaki kiri dan tahan dengan tangan kiri hingga dekat dada. Pertahankan keseimbangan sembari merentang tangan kanan ke samping sejauh mungkin. Tahan posisi hingga 3 tarikan nafas diafragma perlahan, lalu kembali. Gerakan ini bermanfaat untuk stretching pantat di awal latihan dan melatih konsentrasi untuk mempertahankan postur.

6. Dancers’ pose
Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Lipat kaki kiri ke

belakang, tahan dengan telapak tangan. Seimbangkan dengan mengulurkan tangan kanan lurus ke depan dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tautkan jari tangan dan ibu jari tangan kanan.

Perlahan, tarik kaki kiri ke belakang hingga lengan kiri lurus ke belakang sembari dorong tangan kanan ke depan. Posisi panggul tetap menghadap bawah, jangan sampai membuka ke samping. Rasakan otot paha memanjang dan punggung meregang. Tahan 3 tarikan nafas diafragma perlahan, lalu kembali ke posisi awal. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi dan stretching otot pantat dan stretching otot punggung.

7. Lunge pose

Buka kaki selebar rentangan tangan. Putar badan menghadap samping kiri, telapak kaki kiri lurus ke samping, kaki kanan menghadap depan dengan tumit terangkat. Tekuk lutut kaki kiri hingga 90 derajat. Angkat tangan ke atas, telapak tangan menghadap dalam.

Bahu rileks, jauhkan dari telinga. Caranya, putar pundak ke atas lalu ke belakang dan bawah bawah. Rasakan shoulder blade ke tengah, otomatis dada terbuka. Pertahankan posisi hingga 3 tarikan nafas diafragma perlahan­ dan kembali ke posisi semula. Ge­rak­­an­ ini cocok untuk menguatkan otot­ paha dan pantat.

Iklan

Posted on 14/02/2010, in Sehat dan Bugar and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: