Perayaan Imlek di Cirebon Meriah

Perayaan imlek di Kota Cirebon, yakni di Kelenteng Dewi Welas Asih dan Talang, berjalan meriah. Ratusan warga memadati kelenteng untuk berdoa, menyalakan lilin doa, sekaligus menyaksikan pertunjukan lion dan pesta kembang api.

Sejak Sabtu (13/2/10) malam pukul 22.00 warga etnis Tionghoa mulai ramai mendatangi kelenteng. Makin malam, makin banyak warga yang datang, termasuk masyarakat lokal bukan keturunan China di sekitar kelenteng. Belasan fakir miskin juga berjajar mengantre di pintu keluar kelenteng, menantikan sedekah dari umat yang selesai berdoa.

Menjelang tengah malam, hampir semua lilin di Kelenteng Dewi Welas Asih (Tiao Kak Si), sekitar 200 lilin berukuran 0,5 meter hingga setinggi 2 meter, dan 100 lilin di Kelenteng Talang telah dinyalakan. Lilin- lilin yang bertuliskan doa dan harapan itu akan dibiarkan menyala sampai perayaan Cap Go Meh, atau dua pekan selepas malam tahun baru imlek.

Di Kelenteng Dewi Welas Asih, umat dan pengunjung kelenteng disuguhi hiburan tari barongsai dan alunan instrumen lagu-lagu China lawan yang dimainkan grup musik tradisional China asal Cirebon. Saat detik-detik pergantian tahun, bedug dan genta dipukul bersamaan sebagai penanda pergantian tahun.

"Ini adalah penanda tahun berganti, dan kami menyambutnya dengan gegap gempita," ujar Sungkono, pengurus kelenteng di dekat Pelabuhan Cirebon.

Sedangkan di Kelenteng Talang, umat dihibur dengan tarian lion dan barongsai, dilanjutkan dengan taburan 800 kembang api yang dinyalakan tepat pukul 00.10, setelah doa bersama dipanjatkan. Imlek tahun ini adalah yang paling meriah di kelenteng ini dalam sepuluh tahun terakhir.

Kembang api yang dinyalakan, kata Wakil Ketua Masyarakat Konghuchu Indonesia (Makin) Cirebon Sucipto Chandra, adalah wujud kegembiraan menyambut tahun baru. Diyakini, menyalakan kembang api bisa mengusir petaka dan membuang yang jelek serta menyambut yang baik di tahun ini. Jumlah 800 kembang api itu disengaja karena angka delapan dianggap membawa keberuntungan.

Iklan

Posted on 14/02/2010, in Regional and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. kalo tahun baru imlek 2011 sudah ada agenda acaranya belum? saya ingin hunting foto utnuk imlek ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: