Memulai Sebuah Business

Sebelum Anda memulai menjalankan bisnis Anda, Anda harus benar-benar memikirkan apa yang akan Anda dapatkan setelah nanti Anda memulai bisnis Anda. Memulai sebuah bisnis dari nol memang cukup menyenangkan dan hasilnya cukup memuaskan tetapi ada beberapa hal yang harus dikorbankan, mulai dari waktu, uang dan tenaga. Sehingga Anda harus memikirkannya masak-masak terlebih dahulu tujuan Anda memulai sebuah bisnis.

Dalam banyak kasus, ada sebuah titik dimana hal itu mendorong Anda untuk memulai suatu bisnis, entah karena Anda berhenti dari pekerjaan Anda, atau memang Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih dari bisnis Anda.

Bagi kebanyakan orang, alasan utama untuk memulai bisnis mereka sendiri biasanya adalah keinginan untuk ‘bebas’. Bebas mengerjakan apapun yang mereka sukai, bebas dari jam kantor, bebas menggunakan uang, dan bebas mengatur waktu untuk diri mereka sendiri.

Perbedaan antara seseorang yang mempunyai sebuah bisnis sendiri dan yang tidak adalah mereka mempunya sebuah alasan. Sebuah alasan yang kuat yang bisa mendorong mereka menjalankan bisnis mereka sendiri. Tidak ada persyaratan apapun, hanya sebuah keputusan yang diikuti oleh tindakan.

Beberapa faktor yang dibutuhkan untuk seseorang untuk menjadi seorang bisnisman yang sukses sebenarnya tidak asing dan bisa dipelajari:

  1. Keinginan kuat untuk maju. Dorongan yang ada di dalam diri Anda adalah faktor yang sangat menentukan keberhasilan Anda. Anda membutuhkan stamina yang kuat untuk menyelesaikan apa yang Anda mulai.
  2. Mau belajar. Anda harus mau mengakui bahwa Anda bukanlah seseorang yang tahu segalanya. Anda harus tau bagaimana menjadi flexible, belajar terus menerus. Biasanya begitu seseorang berhasil memulai sebuah bisnis, mereka menjadi sombong. Hal itu adalah penghambat utama dalam kemajuan mereka.
  3. Membuat keputusan. Tidak akan ada yang berhasil tanpa kemampuan untuk membuat keputusan. Memulai sebuah bisnis adalah proses pengumpulan informasi yang dilanjukan oleh pengambilan keputusan. Anda bertanggung jawab penuh atas semua keputusan yang Anda ambil, dan itu termasuk masa depan Anda.
  4. Kemampuan berpikir analitis. Anda harus mampu menganalisa semua aspek dalam bisnis Anda beserta marketnya. Dalam setiap fase bisnis Anda, Anda harus mampu mengevaluasi bagaimana semuanya bekerja dan meningkatkannya.

Kecuali Anda mempunyai modal yang cukup, cara paling aman untuk memulai sebuah bisnis adalah ketika Anda masih bekerja untuk orang lain. Bagi beberapa orang, cara ini cukup bagus karena bisnis tersebut akan memberikan pendapatan sampingan sementara perkerjaan sehari-hari mereka masih memberikan income utama. Dan bagi beberapa orang yang lain, bisnis ini akan dimulai dengan kecil dan berharap lama kelamaan akan berkembang menjadi lebih besar dan akhirnya bisa menggantikan pekerjaan utama mereka.

Saran saya adalah ketika Anda mengevaluasi sebuah ide adalah mencari tahu apakah ide tersebut nantinya bisa menghasilkan income antara 2-3 juta per bulan. Mungkin kelihatannya itu merupakan angka yang kecil tetapi nanti secara perlahan, Anda bisa meningkatkannya disana sini sehingga menjadi bisnis yang bisa lebih besar.

Apakah sekarang adalah saat yang tepat?
Menurut saya saat yang tepat adalah kapanpun Anda siap. Uang bisa dicari, modal kerja bisa dicari. Memulai sebuah bisnis baru membutuhkan kesiapan mental Anda lebih dari sekedar kesiapan modal. Apakah Anda siap sekarang?

Good luck
Denny Santoso
http://www.JagoInternetMarketing.com

Iklan

Posted on 13/02/2010, in Internet and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. ayo berbisnis…..

  2. harus siap karena bisnis adalah ilmu yang sagnat peka dengan perkembangan jaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: