Jepang Sewa Sepasang Panda Rp. 10 Triliun

Pihak berwenang Tokyo, Jepang menyewa sepasang panda dari Cina senilai US$ 1 miliar atau setara hampir Rp 10 Triliun dan akan ditempatkan di Kebun Binatang Ueno. Gubernur Tokyo Shintaro Ishihara mengatakan harga sewa memang tinggi tetapi pemerintah berhasil mendapatkan potongan harga US$ 50.000.

Kebun Binatang Ueno pernah memiliki panda jantan raksasa yang diberi nama Ling Ling, tetapi panda itu mati tahun 2008. Ishihara mengatakan banyak warga dari seluruh pelosok Jepang meminta agar pemerintah menghadirkan lagi panda di kebun binatang.

"Panda adalah binatang yang terancam dan setiap orang menyukai panda," kata Ishihara seperti dilaporkan oleh kantor berita Kyodo.


Konservasi dan Cagar Alam

Setelah panda Ling Ling mati akibat gagal jantung pada umur 22 tahun, warga Jepang mengirimkan pesan duka dan hadiah ke kebun binatang. Uang sewa itu akan digunakan untuk membiayai proyek konservasi dan membangun cagar alam yang rusak akibat gempa bumi tahun 2008 di Provinsi Sichuan, Cina.

Cina sering meminjamkan panda ke negara-negara lain sebagai tanda persahabatan dan ikut serta dalam program penangkaran, tetapi Cina meminta agar semua panda dan anak-anaknya dikembalikan ke negara itu. Baru-baru ini dua panda yang lahir di Amerika dikirim ke Cina untuk memulai hidup baru. Kedua panda itu dilahirkan pasangan panda yang dipinjam kebun binatang Amerika.

Redaksi – Reporter

Red: 

krisman

Sumber Berita: 

bbc

Iklan

Posted on 13/02/2010, in Fenomena Alam and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: