Asyiik.. Tersedia Beasiswa S-1 ke Rusia

Pemerintah Federasi Rusia menawarkan para pelajar dan peniliti Indonesia sebanyak 35 beasiswa untuk jenjang pendidikan S-1 (Bachelor), dan S-2 (Magister), dan jenjang S-3 (Aspirantura), pos-doktoral (Doktorantura), serta penelitian/pelatihan (Stazhirovka). Dari jumlah tersebut, 25 beasiswa disediakan khusus untuk jenjang S-1.

Beasiswa disediakan untuk semua ilmu alam, ilmu teknik, ilmu sosial, serta ilmu humaniora. Beasiswa tidak diberikan untuk mereka yang ingin menimba ilmu hubungan internasional, seni, dan olahraga. Untuk bidang studi hukum dan ilmu politik pun masing-masing hanya tersedia satu beasiswa, sedangkan kedokteran hanya tersedia dua beasiswa.

Beasiswa juga tersedia untuk ilmu-ilmu khusus seperti pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi dan manajemen, spesialisasi interdisipliner ilmu alam, geologi dan sumber daya mineral, eksplorasi mineral, ilmu energi dan teknik mesin pembangkit, metalurgi, konstruksi mesin dan pemrosesan material, penerbangan, roket dan teknologi angkasa, teknologi maritim, peralatan transportasi darat, teknologi pertambangan dan perlengkapan, teknik elektro, pengendalian alat-alat gedung; radioteknik dan komunikasi, automasi dan kontrol, komputer dan informatika, eksploitasi transportasi, teknologi kimia, reproduksi dan proses sumber daya kehutanan, teknologi makanan, teknologi komoditas konsumen, arsitektur dan ilmu konstruksi, geodesi dan kartografi; agrikultur dan perikanan, ekologi dan pemanfaatan alam, serta kesehatan dan keselamatan.

Syarat utamanya, usia pelamar tidak lebih dari 25 tahun dan saat mendaftarkan beasiswa ini tidak lebih dari 3 tahun setelah tamat SMU. Pelamar juga harus memiliki ijazah SMU setara ijazah SMU di Rusia dengan nilai rata-rata 8,0 atau 80 % untuk mata pelajaran sesuai program studi/jurusan pilihan dan tidak ada angka merah untuk mata pelajaran lain.

Sebelum menimba ilmu, pelamar akan terlebih dulu mengikuti fakultas persiapan selama 1 tahun untuk mempelajari Bahasa Rusia dan mata pelajaran sesuai program studi/jurusan pilihannya.

Khusus beasiswa jenjang S-1 ini, skema beasiswa dari pemerintah Federasi Rusia ini senilai 1100 rubel atau 30,5 USD per bulan, tiket pesawat pergi-pulang Rusia-Indonesia sekitar  900 USD, serta biaya penjemputan atau transportasi dari airport ke tempat tujuan dan registrasi paspor minimal 250 USD (kecuali untuk kota-kota di luar Moskow).

Selain itu, pemerintah Rusia juga akan memberikan asrama mahasiswa sebagai hunian di sana. Hanya, ongkos sewanya dibebankan kepada penerima beasiswa yang nilainya sekitar 30 USD per 6 bulan.

Tertarik? Keterangan lengkap mengenai beasiswa ini bisa menghubungi Defri Mustika (defri_mustika@yahoo.com) di Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia (PIPKR) pada hari kerja Senin-Jumat, 11.00-17.00 WIB. Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia, Jl. Diponegoro 12, Menteng, Jakarta 10310/Tel : 021-31935290.

Iklan

Posted on 13/02/2010, in Beasiswa and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. salam kenal bro,…nice blog n nice info

    bismillah semoga bisa dapat lagi

  2. saya sarjana S1 Teknik Tekstil UPN Veteran Jakarta saya 24 tahun, ada ngga beasiswa S2 tuk ambil teknologi Tekstil, atau mamagement tekstil karena s2 di indonesia untuk tekstil tidak ada, dosen saya rata2 ambil s2nya di rusia trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: