Perempuan Haiti 84 Tahun Selamat Setelah Terjebak di Reruntuhan Rumah 10 Hari

Seorang perempuan Haiti berusia 84 tahun ditemukan dalam keadaan selamat setelah 10 hari terkubur di reruntuhan rumahnya setelah gempa bumi mengguncang ibu kota Haiti itu.
Pekerja darurat mengatakan, perempuan itu diidentifikasikan sebagai Marie Carida Romain, yang diselamatkan dari puing-puing rumahnya, hari Jumat (22/1/10). Saat ini Marie dirawat di rumah sakit setempat, namun tidak jelas apakah perempuan lanjut usia itu dapat bertahan hidup.

Sementara itu ribuan orang Haiti berebutan keluar dari ibu kota, Jumat, setelah pemerintah menjanjikan akan memindahkan lebih dari 400.000 orang ke tenda-tenda yang disiapkan di luar kota. Pemerintah menyediakan bus-bus secara gratis untuk membawa mereka ke tempat yang lebih aman.  
Selain menewaskan 200.000 orang, gempa bumi ini telah menyebabkan 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal. Mereka yang selamat tinggal di permukiman padat dengan sedikit atau tanpa persediaan air, makanan, dan sanitasi. 

Bantuan dari kelompok Doctors Without Borders menyebutkan banyak pasien dengan luka yang tak terobati meninggal dunia akibat infeksi.
Sementara itu bantuan masih terhambat akibat kerusakan jalan dan lumpuhnya transportasi. Pelabuhan yang rusak berat di ibu kota Port-au-Prince dibuka kembali hanya hari Kamis. Puing-puing di sekitar pelabuhan, jalan yang hancur, dan bandara yang rusak menyebabkan bantuan untuk korban gempa yang selamat, sulit disampaikan. 
Sementara itu otoritas penerbangan Amerika Serikat menyatakan akan mendirikan menara kontrol sementara di Haiti untuk membantu pesawat yang membawa bantuan untuk korban gempa dari seluruh dunia. Menara itu didukung dengan dua generator bermesin diesel dengan tangki bahan bakar.

Departemen Pertahanan Amerika hari Kamis mengatakan, jumlah tentara AS yang terlibat dalam upaya pertolongan bagi korban gempa di Haiti mencapai 20.000 orang, termasuk tentara angkatan darat dan angkatan laut.

Iklan

Posted on 23/01/2010, in international and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: