Penerimaan CPNS Kuansing 2009 Di-PTUN-kan

Laporan DESRIANDI CANDRA, Teluk Kuantan desriandicandra@riaupos.com
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari kalangan pelamar umum yang direkrut Pemkab Kuansing 2009 lalu di-PTUN-kan oleh LSM Permata Kuansing. Salah satu tuntutannya meminta Pemkab mencatat SK pengangkatan CPNS

Senin (18/1) kemarin, digelar sidang gugatan pendahuluan di PTUN Pekanbaru. Persidangan itu menghadirkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kuansing Drs Muharman MPd. ‘’Ini baru sidang pendahuluan saja. Sidang akan dilanjutkan pekan depan,’’ kata Muharnis MS SH selaku tim Pengacara Pemkab Kuansing kepada Riau Pos, Kamis (21/1) di kantor bupati.
Persoalan perekrutan CPNS dari kalangan pelamar umum 2009 lalu memang sempat menjadi topik pembicaraan utama di tengah masyarakat Kabupaten Kuansing. Pasalnya, mereka menilai, perekrutan CPNS di lingkungan Pemkab Kuansing tersebut ditemukan banyak keganjilan yang mencurigakan.

Nilai yang diraih peserta yang lulus dengan yang tidak lulus berbeda dari data yang dimiliki BKD Kuansing dengan data kelulusan yang dipublikasikan Lembaga Managemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LMFEUI) yang diumumkan dalam situs resminya via internet, sehari setelah Pemkab Kuansing mengumumkannya.
Namun beberapakali pula, Pemkab Kuansing melalui BKD menerangkannya kepada publik. Kepala BKD Kuansing Drs Muharman MPd yang ditemui Riau Pos di kantor bupati secara terpisah, tidak menapik adanya sidang gugatan yang diajukan sebuah lembaga swadaya masyarakat Kuansing tersebut ke PTUN Pekanbaru terkait perekrutan CPNS di lingkungan Pemkab Kuansing 2009. ‘’Memang ada masuk gugatan ke PTUN Pekanbaru. Ini hal yang biasa,’’ kata Muharman.
Dalam gugatan yang dilayangkan lembaga swadaya masyarakat tersebut, lanjut Muharman, tidak terlihat subtansi yang digugat. Namun salah satu yang menjadi gugatannya ke PTUN adalah pembatalan SK Bupati Kuansing tentang CPNS tersebut. ‘’Inikan baru sidang pendahuluan, dan proses pengangkatan CPNS tetap berlanjut. Tapi kalau majelis hakim memenangkan mereka nanti akan dilakukan perubahan,’’ ujarnya.
BKD, kata Muharman, sesuai dengan prosedur telah mengumumkan data kelulusan CPNS yang mereka terima dari LMFEUI selaku pemeriksa kelulusan CPNS. ‘’Sehingga, kalau pun ada gugatan tersebut, sebetulnya dialamatkan ke LMFEUI tersebut. Karena data yang diumumkan tersebut, diterima dari mereka,’’ ujarnya.
Pemkab menggunakan UI sebagai lembaga independen pemeriksa kelulusan, untuk menggunakan standar kelulusan yang menjadi tolok ukur. Padahal, penentuan kelulusan sebetulnya tetap menjadi kewenangan daerah. ‘’Tetapi karena kita tidak memiliki standar kelulusan, kita gunakan UI,’’ terangnya.
Persoalan CPNS 2009 ini tetap berjalan. Saat ini, Pemkab melalui BKD sudah mengusulkan ke BKN untuk pengangkatan dan NIP CPNS. Masa PNS mereka, akan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) per Februari 2010. Namun SK PNS mereka baru akan dibagikan awal Maret 2010 mendatang.(nto)

 

Riaupos.com

Iklan

Posted on 22/01/2010, in Berita CPNS and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: