Protes Pelecehan Alquran, Sembilan Tewas di Afghanistan

Bentrokan antara petugas keamanan lokal serta pasukan NATO dengan warga sipil Afghanistan tak terhindarkan, Selasa (12/1). Saat itu seribu warga sipil menggelar protes di selatan Provinsi Helmand di Distrik Garmsir. Jumlah korban tewas dari kedua belah pihak mencapai 9 orang dan 15 korban luka.

“Delapan pendemo terbunuh ketika pemprotes menyerang petugas keamanan nasional di Garmsir,” ungkap deputi kepala kepolisian Provinsi Helmand, Kamaluddin Khan seperti dilansir AFP, Rabu (13/1).
Dokter di rumah sakit di ibu kota provinsi Lashkar Gah melaporkan terdapat lebih dari 10 korban luka tembak. Sebagian besar terluka di perut, kepala, dan kaki. Dua dari korban luka berada dalam kondisi serius.

Penembakan terhadap warga sipil berawal ketika anggota pasukan Afghanistan terbunuh oleh tembakan yang datang dari sisi demonstran. Kemudian pasukan NATO meluncurkan tembakan balasan kepada orang yang diyakini sebagai pelaku penembakan tersebut.
“Tembakan yang kami tahu berasal dari atas atap,”ujar Sersan Jeff Loftin dari ISAF NATO. Aksi demonstrasi yang menelan nyawa kalangan sipil tersebut dipicu rumor pembakaran Alquran oleh pasukan NATO ketika melancarkan operasi serangan militer di selatan Afghanistan pada Senin (11/1) lalu.
Namun, kabar itu ditepis Mayjen Michael Regner, juru bicara ISAF. Dia berdalih bahwa anggota pasukan ISAF juga ada yang muslim.
Regner menyatakan mendukung segala usaha penyelidikan yang dilakukan otoritas lokal. Terpisah, Gubernur Pro-vinsi Helmand, Daud Ahmadi telah mengirimkan polisi dan petugas pemerintahan ke Garmsir untuk menyelidiki insiden tersebut.(war/ami/ila)

Iklan

Posted on 15/01/2010, in international and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: