Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Jumat Besok

Masyarakat Indonesia akan bisa menyaksikan keajaiban alam berupa terjadinya gerhana matahari cincin, Jumat (15/1) besok. Proses terjadinya gerhana matahari cincin ini akan dimulai sekitar Pukul 14:39 WIB dan mencapai puncaknya sekitar Pukul 15:18 WIB hingga berakhir Pukul 15:55 WIB.
Gerhana yang diperkirakan akan berlangsung paling lama 11 menit ini akan melewati sejumlah negara, dimulai di Afrika dan melalui Chad, Republik Afrika Tengah, Republik Demokrasi Kongo, Uganda, Kenya, dan Somalia. 

Setelah meninggalkan Afrika, Gerhana akan berjalan melintasi Samudera Hindia, kemudian berlanjut ke Asia melalui Bangladesh, India, Myanmar, Cina dan Indonesia, demikian laporan dalam situs resmi NASA.
Sayangnya, masyarakat Indonesia mungkin hanya bisa melihat gerhana matahari cincin ini sebagian saja, alias tidak bisa melihat bentuk cincin sepenuhnya. Wilayah di Indonesia yang bisa melihat gerhana matahari ini adalah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan dan sebagian Sulawesi.
Menurut informasi, gerhana matahari selama 11 menit ini adalah persitwa yang sangat langka, dan bahkan baru akan terjadi lagi lebih dari seribu tahun kemudian.(MLA)

sb: Kompas

Iklan

Posted on 14/01/2010, in Fenomena Alam and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. yang bener nih? boleh minta linknya ga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: