Mual-Muntah Saat Hamil adalah Kabar Baik?

Mual-muntah saat kehamilan memang amat tidak nyaman. Sedikit pergerakan, sedikit bebauan, atau salah memilih makanan, bisa menyebabkan mual-muntah. Namun jangan lalu membenci proses kehamilan tersebut. Karena ternyata, kondisi tersebut justru menandakan bahwa kehamilan Anda dalam kondisi baik. Mengapa?
Susan Warhus, MD, ahli kandungan dan pengarang buku Darn Good Advice Pregnancy, menuliskan bahwa kondisi ibu yang mual-muntah bisa dibilang merupakan kondisi kehamilan yang baik. Tingkat hormon HCG yang tinggi merupakan salah satu pencetus mual-muntah pada ibu hamil. Tingkat hormon HCG tinggi menunjukkan bahwa kondisi kehamilan sedang mengalami perkembangan yang baik.

Meski tidak semua ibu hamil mengalami mual-muntah, namun tidak berarti mereka memiliki kehamilan tidak sehat. Namun, yang pasti ibu yang mengalami mual-muntah, asalkan ia masih bisa mengatasinya, bisa menjadikan mual-muntah sebagai penguat dirinya untuk yakin bahwa kehamilannya mengalami perkembangan.
Ada sebagian ibu yang merasa takut bahwa mual-muntah bisa mempengaruhi kehamilan dan janinnya. Ternyata, menurut Susan, hal ini tidak sepenuhnya benar. Di trimester pertama (tiga bulan pertama) kehamilan, janin masih sangat kecil, sehingga tidak memerlukan nutrisi yang terlalu banyak. Meski begitu, ibu hamil masih perlu untuk memastikan asupan nutrisi baiknya terpenuhi, dan tidak melupakan suplemen vitamin pre-natal sesuai resep dokternya.
Salah satu yang penting untuk tidak dilupakan para ibu hamil adalah konsumsi air yang cukup. Ibu hamil yang mual-muntah akan memerlukan cairan lebih banyak. Namun perlu diingat, jika ibu hamil tidak mampu untuk menahan makanan atau minumannya di dalam perut lebih dari 24 jam, maka sudah saatnya untuk menghubungi dokter.
Susan menyarankan beberapa jenis makanan yang bisa Anda coba konsumsi untuk mengurangi rasa tak enaknya, yaitu cracker asin, roti bakar (toast), nasi, pisang, saus apel, kacang panggang, jus beku yang dimakan seperti es loli, kentang, dan pretzels. Jangan lupa untuk terus memantau kesehatan janin Anda dengan dokter kandungan secara rutin.

Iklan

Posted on 07/01/2010, in kehamilan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. mbak, mau tanya nih. saya baru sebulan menikah. dua minggu terakhir ini mengalami mual-mual dan tanda-tanda kehamilan seperti yang mbak sebutkan tapi ketika dicek dengan test pack hasilnya negatif. kpn sih waktu yang tepat untuk melakukan test kehamilan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: