Komponen Penting dalam Internet Marketing

Bagaimana sih memulai pemasaran di Internet atau sering disebut Internet Marketing. Banyak yang berpikir bahwa Internet Marketing adalah suatu metode atau bisnis yang bisa ‘diikuti’ demi mendapatkan uang. Padahal sebenarnya, Internet Marketing adalah pemasaran biasa saja dengan menggunakan media dan fasilitas Internet.

Lalu apa saja yang harus diketahui sebelum memulai internet marketing? Ada beberapa komponen penting yang harus Anda ketahui untuk memulainya:

  1. Website
    Semua usaha internet marketing harus dimulai dari website. Tanpa website, bagaimana Anda akan menyuruh konsumen Anda datang dan melihat-lihat. Tidak memiliki sebuah website sama seperti membuka bisnis tanpa alamat. Wajah toko dan bisnis Anda adalah website Anda. Lalu pertanyaannya adalah, apakah Anda harus bisa membuat website? Tidak harus. Lebih baik kalau Anda bisa membuatnya sendiri karena itu akan menurunkan biaya Anda untuk memulainya, tetapi apabila Anda tidak bisa membuatnya, Anda masih bisa menggunakan tenaga orang lain dan membayarnya.
  2. Email
    Selain salah satu media komunikasi yang sangat umum, marketing melalui email juga tergolong vital di dalam proses internet marketing. Dengan menggunakan email, suatu bisnis bisa mengkomunikasikan produk dan jasanya kepada konsumennya. 90% (mungkin lebih) transaksi yang saya proses, semuanya berasal dari email. Penggunaan Autoresponder, sebagai suatu system untuk menjaring database konsumen sangat penting disini. Saya tidak mungkin membuat website tanpa menjaring konsumen dengan menggunakan Autoresponder.
  3. Search Engine Marketing
    Salah satu komponen yang tergolong penting adalah search engine. Dengan mengoptimasi beberapa faktor dari website Anda sehingga website Anda muncul di halaman pertama pencarian beberapa search engine utama seperti google, yahoo dan bing akan membuat konsumen lebih banyak yang datang menuju website Anda dan akhirnya akan meningkatkan omzet website Anda. Teknik yang digunakan untuk mengoptimasi website Anda biasa disebut sebagai SEO.
  4. Banner dan Blog Marketing
    Banner advertising, adalah teknik mencari konsumen dengan meletakkan iklan berbentuk banner (gambar) di website orang lain dengan biaya tertentu. Semakin popular dan ramai suatu website, biasanya biaya iklan akan semakin tinggi. Blog Marketing adalah suatu cara untuk mempromosikan produk atau jasa suatu usaha melalui sebuah blog. Pengunjung bisa memberikan komentar-komentar yang bisa menarik banyak pengunjung apabila topic yang dibahas di blog cukup seru.
  5. Artikel Marketing
    Salah satu komponen yang penting dari internet marketing adalah artikel marketing. Dengan menulis artikel dan mengirimkannya ke beberapa artikel direktori, suatu website bisa mendapatkan banyak konsumen yang berasal dari pembaca artikel-artikel tersebut. Sebaiknya artikel berisi informasi yang berguna bagi pembaca ceruk market yang Anda tuju. Dengan demikian, pembaca artikel tersebut bisa menjadi konsumen loyal Anda apabila mereka berpikir bahwa Anda adalah expert di bidang tersebut.

Semoga artikel ini, bisa lebih membuka wawasan Anda mengenai apa saja yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan terjun ke dunia ini. Masih banyak hal lain yang harus Anda pelajari tetapi paling tidak, artikel ini bisa memberikan awal yang bagus.

sumber: http://www.jagointernetmarketing.com

Iklan

Posted on 10/12/2009, in Internet and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: