Pencarian Merpati Lima Pesawat Dikerahkan

Sampai saat ini nasib pesawat jenis twin otter milik Merpati yang hilang dalam penerbangan Jayapura-Oksibil belum diketahui. Lima pesawat akan dikerahkan untuk menyisir jalur penerbangan yang kemungkinan dilalui pesawat tersebut.

“Lima pesawat yang akan dikerahkan itu masing masing berasal dari pesawat milik misionaris antara lain MAF, AMA, Yajasi, Merpati, dan Casa TNI-AU,” jelas Kol (P) Suwandi, Komandan Pangkalan Udara TNI AU Sentani, saat dihubungi Minggu (2/8) petang. Ia mengatakan pencaharian lanjutan ini akan dilakukan Senin (3/8) besok.

Kol (P) Suwandi mengakui cuaca di kawasan Oksibil sejak beberapa hari terakhir memang tidak bersahabat. Namun, ia tidak dapat memastikan apakah pesawat tersebut ja

KNKT Baru Dikirim Begitu Pesawat Hilang Ditemukan

Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) baru akan diterjunkan ke Papua setelah pesawat milik Merpati Nusantara Airlines yang dinyatakan hilang ditemukan. Demikian dikatakan Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Perhubungan (Dephub) Bambang Ervan, Minggu (2/8).

Semua pihak untuk sementara fokus pada upaya pelacakan pesawat jenis twin otter itu. Pencarian akan dilakukan intensif mulai Senin (3/8) dengan mengerahkan lima pesawat.

Berdasarkan informasi, pesawat jenis twin otter itu mengangkut 11 penumpang dewasa, dua penumpang anak-anak, serta tiga awak. Bambang mengatakan, saat melakukan kontak, pesawat berada pada jarak 53 Nautical mile (Nm).  “Kontak ini terjadi lima menit setelah pesawat tinggal landas dari Jayapura, pada ketinggian 9.500 kaki,” katanya.

Sejauh ini nasib pesawat yang hilang dalam perjalanan Jayapura-Oksibil itu belum diketahui. Bambang mengatakan Departemen Perhubungan akan bekerja sama dengan pihak Merpati dan instansi terkait untuk melacak keberadaan pesawat dengan kode registrasi PK-NVC itu.

Sampai saat ini, tim SAR sudah melakukan upaya pencarian pesawat dengan nomor penerbangan MNA 976I OD namun belum ada hasil. “Kami juga mengerahkan tim krisis yang ada,” kata Sukandi, Sekretaris Perusahaan PT Merpati Nusantara Airlines.

Pencarian Merpati juga Dilakukan Lewat Jalur Darat

Usaha pencarian pesawat Merpati yang hilang kontak saat melakukan penerbangan rute Jayapura-Oksibil, Papua pada Minggu siang akan dilakukan juga lewat jalur darat. Proses pencarian lanjutan akan dilakukan mulai Senin (3/8) pagi.

“Kita doakan supaya besok cuaca cerah dan tidak ada halangan untuk pencarian,” ujar Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Sentani, Jayapura, Kolonel Pnb. Suwandi Miharja di Jayapura, Minggu (2/8). Rencananya pencarian akan dimulai Rabu (3/8) pukul 07.00 pagi WIT.

Sebelumnya,Kolonel Pnb. Suwandi Miharja mengatakan, pencarian akan dilakukan menggunakan lima armada udara. Lima pesawat udara yang direncanakan digunakan dalam pencarian adalah berasal dari Mission Aviation Fellowship (MAF), Associated Mission Aviation (AMA), Yayasan Jasa Aviasi Indonesia (Yajasi), Twin Otter milik Merpati dan Casa TNI AU.

Sementara itu, upaya pencarian lewat jalur darat tetap dilakukan dengan melibatkan unsur-unsur terkait yang dapat diandalkan seperti dari tim Badan SAR Nasional (Basarnas) dan juga masyarakat.

Pesawat Merpati yang hilang kontak ini bernomor registrasi MZ 9760 dan membawa 12 dan 3 awak. Pesawat tersebut hilang dalam perjalanan dari Jayapura ke Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang Minggu (2/8) siang.

Iklan

About Resi Andriani

Selamat datang di Blog Pribadi saya drwskincare Resi andriani, saya adalah salah satu Beauty Consultant di Drwskincare. Tujuan saya untuk buat blog ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi bagi teman-teman semua mengenai produk-produk resmi yang ada di drwskincare. semua pertanyaan juga bisa saya jawab di no wa saya 085271792673, jangan sungkan ya untuk mendapatkan Info mengenai drwskincare.. :)

Posted on 03/08/2009, in Hilangnya Merpati Airlines and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: