Kronologi Hilangnya Pesawat Merpati di Papua

Pesawat twin otter milik Maskapai Penerbangan Merpati hilang kontak di Papua sekitar pukul 10.15 WIT. Berikut adalah kronologi hilangnya pesawat yang mengangkut 12 penumang dan 3 awak tersebut.
"Schedule kami take off pukul 10.15 WIT," kata Humas Merpari Airlines, Sukandi, kepada detikcom, Minggu (2/8/2009).
Pesawat yang bertolak dari Bandara Sentani, Jayapura menuju Oksibil itu diperkirakan tiba di lokasi sekitar pukul 11.10 WIT. Saat lepas landas, pesawat tersebut dalam kondisi prima.

"Setiap kali akan melakukan penerbangan kita melakukan line maintenance (perawatan penerbangan)," lanjutnya.
Kondisi di sekitar lokasi pun saat itu sangat mendukung. 10 Menit setelah pesawat itu lepas landas, penerbangan dari maskapai lain menangkap komunikasi antara pesawat tersebut dengan tower Bandara Sentani.
Sinyal komunikasi tersebut tertangkap di koordinat 90 nautical mile, atau 30 menit dari Bandara Sentani. "Belum dipastikan komunikasinya apa. Komunikasi standar penerbangan yang menyampaikan titik koordinat pasti ada," jelasnya.
Sekitar pukul 10.30 WIT, komunikasi pun terputus. Dan pesawat dengan nomor penerbangan MZ 9760D itu hingga kini belum diketahui keberadaannya.

 

Merpati Diduga Hilang Kontak di Papua

Sebuah pesawat berjenis twin otter milik maskapai Merpati, Minggu (2/8), dilaporkan hilang kontak. Pesawat itu dalam perjalanan menuju Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang, dari bandara Sentani Jayapura. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui nasib pesawat, penumpang, dan awaknya.
Dikonfirmasi hal ini, Sales Manager Merpati Jayapura Nugi mengakui pesawat ini hilang kontak. ”Iya, sementara ini masih hilang kontak. Kami masih menunggu laporan dan saya ini perjalanan ke Sentani,” ujarnya saat dihubungi di Jayapura.
Menurut informasi awal, Nugi mengatakan, pesawat membawa 11 penumpang. Namun, ia belum berani memastikannya. Pasalnya, sistem pembukuan Merpati di jalur itu tidak online atau manual.

Pesawat itu berangkat dari Sentani sekitar pukul 08.00 WIB atau pukul 10.00 WIT. Lama perjalanan sekitar satu setengah jam menuju Oksibil. Namun, hingga kini belum mendarat dan tidak ada kabar jika mendarat darurat di lapangan terbang terdekat.

 

Pesawat Merpati Sempat Kontak dengan Casa TNI AU

Pesawat jenis twin otter milik Merpati sempat berkomunikasi dengan pesawat Casa TNI-AU sebelum akhirnya hilang kontak dan dinyatakan hilang. Hal tersebut dikatakan Komandan Pangkalan TNI AU Sentani, Kol (P) Suwandi.

"Kedua pesawat itu sempat berkomunikasi saat pesawat twin otter dari Jayapura menuju Oksibil dan sebaliknya pesawat casa dari Oksibil menuju Jayapura," kata Dan Lanud Sentani yang dihubungi dari Jayapura, Minggu petang.

Dia mengemukakan, pesawat casa yang dikemudikan pilot Mayor (P) Tiopan sempat berkomunikasi dengan pilot twin otter Qadrianova. "Komunikasi biasa dilakukan para pilot namun tidak ada hal-hal khusus yang mereka bicarakan," kata Dan Lanud Sentani.

Menurutnya, hingga saat ini tim SAR belum mengetahui dengan pasti lokasi jatuhnya pesawat twin otter milik Merpati dengan nomor penerbangan MZ 9760 itu. Pesawat itu dijadwalkan tiba di Oksibil ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang sekitar pukul 11.45 WIT namun hingga berita ini diturunkan belum tiba di tujuan.

 

Posisi Pesawat Merpati Belum Terdeteksi

Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines, Bambang Bhakti, menegaskan bahwa posisi Merpati yang hilang di Papua belum terdeteksi. Pesawat naas berjenis twin otter ini melakukan kontak terakhir dengan menara pengawas di Jayapura, Papua, Minggu (2/8) pukul 13:35 WIT sebelum dinyatakan hilang.

Dalam penjelasannya kepada pers di Crisis Center di Jakarta, Minggu malam, Bambang menjelaskan bahwa satu pesawat pencari sudah dikerahkan khusus untuk melacak posisi pesawat yang hilang. Posisi ini didasarkan pada berbagai informasi yang masuk.

"Tapi belum ada titik kejelasan. Kita masih berusaha terus untuk mencarinya," kata Bambang.

Sebelumnya, Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Perhubungan (Dephub) Bambang Ervan, saat melakukan kontak terakhir, pesawat ini berada pada jarak 53 Nautical mile (Nm). "Kontak ini terjadi lima menit setelah pesawat tinggal landas dari Jayapura pada ketinggian 9.500 kaki," katanya.

Kini Dephub bekerja sama dengan pihak Merpati dan instansi terkait untuk melacak keberadaan pesawat. Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) baru diterjunkan setelah pesawat dinyatakan mengalami kecelakaan dan ditemukan.

Sekretaris Perusahaan PT Merpati Nusantara Airlines, Sukandi, juga menjelaskan tim SAR sudah melakukan pencarian pesawat. "Kami juga mengerahkan tim krisis yang ada," kata Sukandi.

Pesawat twin otter MNA 976I OD dengan kode registrasi PK-NVC ini diawaki oleh Kapten Pesawat Qaqriyanova, First Officer Pramudia, dan Engineer Supriyadi. Pesawat yang membawa 12 orang penumpang itu hilang kontak saat melakukan penerbangan rute Jayapura-Oksibil (ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang).

Iklan

About Resi Andriani

Selamat datang di Blog Pribadi saya drwskincare Resi andriani, saya adalah salah satu Beauty Consultant di Drwskincare. Tujuan saya untuk buat blog ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi bagi teman-teman semua mengenai produk-produk resmi yang ada di drwskincare. semua pertanyaan juga bisa saya jawab di no wa saya 085271792673, jangan sungkan ya untuk mendapatkan Info mengenai drwskincare.. :)

Posted on 03/08/2009, in Hilangnya Merpati Airlines and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: