BPK Lebih Berwenang Audit KPK

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) secara yuridis dan normatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

"Secara yuridis BPK lebih tinggi dan berhak untuk mengaudit KPK. Namun, pengawasan boleh dilakukan siapa saja. Tidak akan ada masalah," kata pengamat hukum Universitas Diponegoro Nyoman Sarekat di Semarang, Sabtu.
Nyoman mengatakan, secara hukum KPK sebagai lembaga negara, maka yang bertugas melakukan audit adalah BPK. "Namun, jika KPK membuka pintu lebar-lebar diaudit oleh lembaga lain seperti BPKP ya tentu tidak ada masalah," ujarnya.
Menurutnya, jika KPK menolak diaudit oleh BPKP maka KPK harus memberikan alasan penolakan tersebut agar tidak timbul tanda tanya di masyarakat. "Sepanjang pelaksanaannya baik, tentu ok, ok saja kalau diperiksa," ujarnya.
Sebelumnya, Ketua DPR RI Agung Laksono mengatakan, audit yang dilakukan BPKP terhadap KPK terkait penggunaan keuangan negara untuk membiayai kegiatan KPK, tidak ada masalah.
Menurut Agung, kalau KPK tidak ada masalah kenapa harus takut untuk diperiksa oleh BPKP.
Audit tersebut bukan berarti BPKP akan melemahkan kinerja KPK. "Tidak berarti setelah dilakukan pemeriksaan kinerja KPK akan melemah, malah akan semakin kuat karena lebih bersih," kata Agung.  ant/ahi

By: Republika

Iklan

About Resi Andriani

Selamat datang di Blog Pribadi saya drwskincare Resi andriani, saya adalah salah satu Beauty Consultant di Drwskincare. Tujuan saya untuk buat blog ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi bagi teman-teman semua mengenai produk-produk resmi yang ada di drwskincare. semua pertanyaan juga bisa saya jawab di no wa saya 085271792673, jangan sungkan ya untuk mendapatkan Info mengenai drwskincare.. :)

Posted on 28/06/2009, in Korupsi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: