Cara Mengatasi Kesulitan Ketika Memulai Usaha

Sebagian orang masih merasa sulit untuk membuka usaha sendiri. Berbagai alasan telah menjadi penghalang untuk membuka usaha.  Alasan utama yang selalu dikatakan orang adalah tidak memiliki modal yang cukup sehingga mereka takut  untuk memulai usaha. Tetapi anehnya apabila mereka telah memiliki modal yang cukup, mereka justru bingung untuk memulai bisnis dibidang apa. Ada  4 cara untuk mengatasi kesulitan dalam memulai usaha:

1. Mengatasi kesulitan modal

Banyak orang ingin membuka usaha tetapi tidak adanya modal selalu menjadi hambatan untuk mencoba peluang yang ada. Untuk mengatasi kesulitan modal, cari partner kerja atau mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan yang melayani masalah permodalan usaha. Namun sebelum mengajukan pinjaman atau mencari partner kerja, sebaiknya buat proposal usaha dengan rincian modal yang dibutuhkan. Sehingga calon partner kerja yang ingin memberikan bantuan modal, lebih percaya dan tidak ragu dengan usaha yang dijalankan.

2. Mengatasi masalah krisis skill maupun percaya diri

Selain modal, kurangnya skill membuat seseorang merasa tidak percaya diri untuk memulai suatu usaha. Untuk meningkatkan rasa percaya diri untuk membuka usaha sesuai skill, pertama-tama tulis prestasi atau kelebihan yang ada pada diri pribadi. Jika sudah tahu skill yang dimilki, langkah selanjutnya meningkatkan kemampuan dengan belajar dari buku, orang yang lebih ahli atau dengan kursus. Dan jika skill Anda masih kurang, jangan berkecil hati, Anda bisa mencari SDM yang terampil dan ahli sehingga Anda bisa menjalankan usaha sekalian belajar meningkatkan skill.

3. Mengatasi masalah jaringan untuk pemasaran

Setelah usaha berhasil dibangun, kesulitan yang dihadapi berikutnya adalah kurangnya relasi atau  jaringan pemasaran sehingga yang dilakukan pun juga terbatas. Untuk membangun jaringan , Anda bisa mulai dari orang-orang yang sering berinteraksi dengan Anda. Misalnya rekan kerja , tetangga, kerabat, maupun relasi kerja yang pernah menjadi partner Anda. Tawarkan kelebihan dan prospek usaha Anda agar mereka percaya dan mau menjalin kerja sama dengan Anda. Selain itu membuka jaringan pemasaran lewat advertising company untuk membantu mempromosikan produk Anda.

4. Mengatasi rasa takut adanya kegagalan

Kegagalan dan kerugian menjadi sesuatu hal yang besar bagi para pelaku usaha. Jika tidak berani melawan rasa takut maka usaha tidak akan berkembang. Lawan rasa takut dengan melakukan apa yang Anda takutkan dan jalankan usaha dengan fokus dan ketekunan. Karena apapun tantangan dan hambatan dalam menjalankan usaha dapat diselesaikan jika Anda fokus.

Tidak ada kesulitan yang tidak dapat diselesaikan, untuk itu jangan pernah takut dan ragu untuk membuka usaha. Kesuksesan usaha Anda tergantung dari niat, tekad dan usaha Anda.

sumber: http://www.makeallhappen.com

By. Admin CPNSONLINE

About these ads

Posted on 25/11/2011, in Usaha Bisnis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 176 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: