Manfaat Senam Pilates

Waktu pertama kali saya kenal dengan senam Pilates ketika kuliah. Awalnya Saya sangka bercanda saya berfikir waktu itu dia mengejek tubuh saya yang lumayan chuby.. hehehe.. ternyata memang dikasih kaset CD nya Senam 3P  Tilarso, Walaupun saya tidak mengetahui benar khasiatnya iseng saja saya mengikutinya dengan menyetel DVD.

Ternyata beberapa minggu saya jalanin dengan latihan yang rutin setiap hari berdampak besar dengan postur tubuh lebih berbentuk itu terlontar dari teman kuliah katanya “udah mulai langsing nech”. Nah setelah saya browsing di internet memang senam pilates mempunyai dampak besar terhadap perbaikan dan pembentukan tubuh serta kesehatan tulang belakang. untuk mengetahui lebih lanjutnya simak saja artikel ini:

Pilates menyediakan latihan khusus dengan manfaat yang Anda tidak bisa mendapatkan melalui aerobik tradisional / bentuk latihan kekuatan yang lain.

1. Membuat Anda menjadi Kuat

Jika ingin terlihat tinggi ramping tanpa otot besar, tetapi tetap mendapatkan kekuatan, apakah Anda ingin membangun kekuatan dan daya tahan tanpa memperlihatkan otot pria? Jika demikian, pilates mungkin hanya apa yang Anda cari.
Terdapat alasan mengapa pilates merupakan olahraga pilihan bagi pesenam dan penari profesional. Sebagian besar latihan konvensional cenderung membuat otot besar. Mengapa demikian? Dalam latihan, penekanannya ditempatkan pada pengulangan dan membangun otot yang kuat.

Hal ini menyebabkan otot yang sudah kuat (besar) menjadi lebih besar. Pilates tidak bergantung pada pengulangan, sehingga tidak ada otot yang besar. Pilates berfokus pada seluruh tubuh, bukan hanya pada bagian otot.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Ada banyak manfaat yang dapat dicapai seseorang melalui pemanfaatan program pilates yang tepat. Salah satu poin terpenting dari program pilates itu adalah kemampuan untuk meningkatkan kekuatan otot stabilizer yang mungkin tidak umum akan bekerja dalam program latihan standar.

Karena pilates menekankan penggunaan gerakan anggun dan cairan, hal ini dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan indra kinestesis tubuh Anda. Hasil yang dapat dicapai melalui pilates cukup signifikan, dan banyak ditemukan bahwa mereka lebih mampu untuk menyeimbangkan diri terlepas dari posisi yang mereka lakukan.

3. Menguatkan Tubuh Anda

Seperti yoga, tai chi, dan seni bela diri Asia, Pilates bukan hanya latihan untuk tubuh Anda. Joseph H. Pilates mempelajari yoga, seni bela diri, dan aktivitas mind-body lainnya, dan termasuk landasan filosofis yang kuat ke dalam praktek Pilates.

Pilates tidak hanya membantu tubuh Anda, tetapi juga pikiran dan jiwa. Gerakan halus tepat dan mengalir dari Pilates dirancang untuk membuat Anda lebih memperhatikan tubuh.

Gerakan nafas juga ditekankan untuk menghubungkan Anda dengan bergerak napas bagaimana melalui tubuh Anda. Pilates dapat mengurangi stres, kegelisahan, dan membantu menghilangkan depresi. Hubungan pikiran-tubuh merupakan dasar untuk mempelajari dan mempraktekkan pilates.

4. Pilates memperkuat Anda seperti latihan lainnya

Satu lagi manfaat Pilates adalah bahwa jumlah peningkatan kekuatan yang dapat dicapai seseorang di ‘inti’ dari tubuh. Inti merujuk pada otot-otot di dalam dan sekitar wilayah otot-otot perut dan punggung.
Kontrol pernapasan yang tepat juga ditekankan dalam pilates, sehingga menambah manfaat yang banyak orang bisa capai melalui penggunaan reguler dari program latihan ini.

About these ads

Posted on 04/11/2011, in Sehat dan Bugar and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. jaelani rahmat

    snam pilates ini apa hanya utk kaum wanita saja yah ?
    oiya btw mau nanya ni klo toko baju senam yg jual topi senam berkualitas dmna yah ?
    makasih, salam sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 194 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: