Pengumuman Lomba Penelitian Ilmiah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Exp; 9 Juli 2010)

Kegiatan Lomba Penelitian Ilmiah Mahasiswa 2010 akan segera diselenggarakan pada 12 Juli 2010 dengan melibatkan para Akademisi, Pakar Keolahragaan dan Mahasiswa. Pendaftaran Lomba Penelitian Ilmiah Mahasiswa 2010 dimulai sejak tanggal 1 Mei 2010. Karya Ilmiah yang dinyatakan sebagai Karya Ilmiah Terbaik akan dimaanfaatkan sebagai bahan pertimbangan inovasi dan pemikiran dalam Kebijakan  Pengembangan Produk Industri Olahraga di tanah air, dalam  rangka mengantisipasi competitiveness Industri Olahraga Nasional dan Internasional serta Pemberlakukan ACFTA, khususnya dalam Pengembangan Produk Industri Olahraga. Ketentuan Lomba, Persyaratan Materi dan Waktu serta Tempat secara lebih detail dapat dilihat pada Brosur di Web Site Kemenpora. Untuk Pendaftaran dapat dilakukan pada Jam Kerja dengan menghubungi Saudara Paiman 0813 2838 2158 dan Saudari Dwi 0813 1942 3331  

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, melalui Deputi Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga akan mengadakan LOMBA  PENELITIAN ILMIAH OLAHRAGA MAHASISWA TAHUN 2010 yang akan melibatkan para Akademisi, Pakar Keolahragaan dan Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi.

Perkembangan Dunia Industri Olahraga yang semakin pesat, membutuhkan strategi agar industri olahraga nasional dapat competitiveness dan sustainable dengan kondisi pasar industri olahraga nasional dan internasional. Salah satu strategi pembangunan keolahragaan nasional adalah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif dan terkonsep dalam rangka mencapai target MDG’s dan National Character Development, khususnya dalam Pembudayaan Olahraga.

Pengembangan Industri Olahraga Indonesia terkait dengan Olahraga Pendidikan, Olahraga Rekreasi dan Olahraga Prestasi akan memasuki era baru dengan meningkatnya pasar industri olahraga Asia. Indonesia memiliki potensi Industri Olahraga yang potensial meliputi alam, sumber daya manusia, prospek pertumbuhan ekonomi 7% dan jaringan produsen, distributor dan user yang sangat potensial. Dengan factor-faktor tersebut di atas Industri Olahraga Nasional diharapkan dapat memberikan kontribusi sebesar 1% terhadap GDP dan 5% terhadap perekonomian negara.

Indonesia memiliki potensi untuk mengadakan Sport Good’s Show dan Sport Facilities and Lifestyle Expo terbesar di Asia Tenggara dengan sinergitas antara industri olahraga dan prestasi olahraga dengan dimensi franchise dan entertainment. Aspek Pendanaan Industri Olahraga melalui pengembangan pembiayaan berbasis UMKM, FDI dan Sukuk Ritel Syariah yang dikembangkan Departemen Keuangan, merupakan peluang bisnis industri olahraga dan sarana pembentukan entrepreneur muda olahraga. Berdasarkan data dan analisis tersebut di atas maka Riset terhadap Sport Industry sangat dibutuhkan dalam Pengembangan Industri Olahraga Nasional dalam rangka Penetrasi Industri Olahraga Indonesia ke Pasar Internasional.

Berikut Ketentuan Lomba, Persyaratan Materi dan Waktu serta Tempat.

A. Ketentuan Lomba

1. Khusus bagi pemenang nomor 1 lomba penelitian ilmiah tahun 2009 tidak diperkenankan mengikuti lomba.

2. Peserta lomba wajib menyertakan abstaksi dan daftar pustaka

3.Peserta lomba penelitian ilmiah tahun 2010 adalah mahasiswa usia maksimal 24 tahun dan bekewarnegaraan Indonesia

4. Penelitian ilmiah dapat ditulis secara perorangan atau kelompok karya ilmiah kelompok diajukan atas nama kelompok (maksimal 4 orang), diketik dengan jarak 1,5 spasi menggunakan kertas HVS A4/Kuarto dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, ditulis minimal 25 halaman termasuk lampiran

5. Penelitian ilmiah yang dikirim harus asli disertai 3 (tiga) rangkap salinan (hardcopy/softcopy) dan akan menjadi milik panitia yang dapat disebarluaskan melalui media massa untuk kepentingan penelitian lanjutan maupun publikasi.

6. Para finalis akan diundang untuk mempresentasikan penelitian ilmiahnya dengan membawa : Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar Fotocopy kartu mahasiswa sebanyak 3 lembar Fotocopy Akta Kelahiran Surat Keteranan dari Dekan/Ketua Jurusan

7. Para finalis diwajibkan membawa materi presentasi berupa lembaran transparan atau flash disk / CD yang merupakan intisari hasil penelitian serta membawa contoh hasil penelitiannya maupun alat peraga hasil ciptaannya.

8. Para Finalis yang tidak hadir pada saat presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

B. Persyaratan Materi

1. Ruang lingkup penelitian ilmiah mencakup seluruh kegiatan industri olahraga yang dapat berupa prasarana dan sarana yang di produksi dan pelayanan jasa (diperjualbelikan atau disinergikan untuk masyarakat).

2. Penelitian ilmiah harus sesuai dengan penelitian dan dilaksanakan dengan metode ilmiah, ditulis dengan kaidah penulisan ilmiah.

3. Hasil penelitian dan gagasan konseptual (kajian teoritis) atau hasil penelitian kajian tertulis yang berbentuk prasarana dan sarana yang dapat diproduksi dan pelayanan jasa kepada masyarakat.

4. Penelitian ilmiah berisi gagasan yang kreatif untuk mendorong tumbuh kembangnya industri olahraga.

5. Tulisan didukung oleh data dan informasi yang dapat dipercaya bukan jiplakan dan duplikasi dari karya ilmiah sebelumnya, serta belum pernah diikutsertakan dalam lomba penelitian ilmiah tingkat nasional dan internasional.

C. Waktu dan Tempat

1. Lomba Penelitian ilmiah mahasiswa tahun 2010 diselenggarakan di Jakarta

2. Pendaftaran dan pengiriman dan penelitian ilmiah dimulai pada tanggal 1 Mei 2010 dan ditutup pada tanggal 9 Juli 2010 (cap pos).

3. Seleksi dewan juri dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2010

4. Pengumuman finalis akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2010

5. Pemanggilan finalis 2 – 3 Agutus 2010

6. Pengumuman pemenang tanggal 3 Agustus 2010

7. Pemenang juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 akan mendapatkan hadian berupa uang tunai dan piagam dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta bingkisan menarik lainnya.

8. Penyerahan hadiah dilaksanakan pada peringatan Hari Olahraga Nasional 2010

Penelitian dikirim ke ;

Asisten Deputi Pengembangan Produk Industri Olahraga Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Gedung Graha Pemuda, Lantai 7 JL. Gerbang Pemuda No.3, Senayan, Jakarta Pusat

Contact Person : Paiman 081328382158 dan Dwi 081319423331

Bookmark and Share

About these ads

Posted on 15/06/2010, in Lomba Karya Tulis and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 178 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: