Pertanyaan-Pertanyaan yang Sering diajukan Dalam Wawancara

Tes ini bertujuan mencari orang yang cocok dan pas, baik dari tingkat kecerdasan, serta sifat dan kepribadian. Dasar pemikiran lain kenapa perlu diadakan seleksi, yaitu adanya perbedaan potensi yang dimilki setiap individu. perbedaan itu akan menentukan pula perbedaan dalam pola pikir, tingkah laku, minat, serta pandangannya terhadap sesuatu. kondisi itu juga akan berpengaruh terhadap hasil kerja. Ada beberapa tujuan spesifik dari wawancara psikologi. observasi untuk mengamati dan menilai.

Mulai dari penampilan, sikap, cara menjawab pertanyaan. Penilaian juga menyangkut bobot jawaban dan kelancaran dalam menjawab. Demikian pula perilaku dan sikap-sikap yang akan muncul secara spontan bila berada dalam situasi yang baru dan mungkin menegangkan. Misalnya, mata berkedip-kedip atau memutar jari-jemari yang dilakukan tanpa sadar.

Dalam hal bobot jawaban, misalnya si calon bisa dinilai apakah ia memberikan jawaban yang dangkal atau tidak, atau malah berbelit-belit.  Sedangkan kelancaran dalam menjawab biasanya dinilai dari berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh seorang calon karyawan untuk menjawab pertanyaan. Dalam wawancara psikologi yang diperlukan sebenarnya jawaban yang spontan dan tidak mengada-ada. Misalnya, apabila ditanya alamat, sebut saja alamat kita. Tidak usah ditambah-tambahi atau malah berlagak sok pintar.

Tujuan berikutnya dalam tes wawancara adalah menggali data yang tidak didapatkan dari tes tertulis. Yang tidak kalah penting dalam mempengaruhi penilaian adalah kecocokan data. Benarkah data yang ditulis oleh sang calon? Atas dasar itu seorang Psikolog sering melontarkan pertanyaan untuk menilai tingkat pemahaman dan intelegensi yang kurang si calon. Misalnya, calon mengaku berpendidikan s2, maka pertanyaan yang diajukan sesuai dengan tingkat pendidikan itu. Bila jawabannya kurang bermutu, dapat saja diambil kesimpulan bahwa calon memilki intelegensi yang kurang atau dianggap tidak serius selama menjalani proses pendidikan.

Sering juga terjadi hasil tes tulis bagus, tapi hasil wawancaranya kurang meyakinkan. Hal ini bisa terjadi karena mungkin ia telah beberapa kali mengikuti psikotes atau pernah mengikuti bimbingan psikotes. Tes ulang dapat menjadi alat untuk mengatasi keraguan itu. Manfaat lain wawancara adalah melengkapi data yang terlupakan atau tidak tertulis secara lengkap. Misalnya, sudah pernah mengalami psikotes atau belum. kalau sudah, berapa kali? Untuk apa? Lulus atau tidak? Mungkin juga minat ataupun gaji yang diinginkan. Yang terakhir, manfaat wawancara, dibuatlah kesimpulan, apakah calon ini memenuhi syarat seperti job description yang diberikan oleh perusahaan atau tidak.

Penampilan dan Sikap

Berpakaian yang baik bukan berarti bagus, namun disesuaikan dengan kondisi dan kebiasaan perusahaan. Ada kalanya sebuah perusahaan menghendaki penampilan full formal, namun ada juga perusahaan yang membebaskan penampilan. Hal ini tergantung jenis perusahaan dan kultur budayanya. Kondisi ini penting, agar Anda tidak dilihat sebagai “orang aneh” disesuaikan dengan posisi yang akan dilamar. Secara umum standar pakaian yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  • Pakaian pria umumnya kemeja lengan panjang bila perlu berdasi. berpakaian rapi dan bersih, tidak kusut. Hal ini memberi kesan bahwa Anda menghargai wawancara ini.
  • Berpakaian dengan warna yang tidak terlalu mencolok (mis. mengkilap, ngejreng).
  • Bagi pelamar wanita berpakaian yang tidak terlalu ketat.
  • Berpakaian dengan desain yang simpel (tidak terlalu banyak pernik-pernik, toh ini bukan acara pesta).
  • Tidak berlebihan dalam menggunakan wewangian dan perhiasan.

Pertanyaan dan jawaban

Apakah kelebihan yang kamu miliki?

Jawaban :

Saya mampu bekerja dalam tekanan dan mengejar target-target perusahaan.

Saya mampu memunculkan ide-ide cemerlang dalam kondisi sulit dan kebuntuan

saya mudah beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi

saya bisa memotivasi diri sendiri dan orang lain.

Saya orang yang selalu bersemangat dan kratif

Saya bisa mengatasi masalah dan mengambil keputusan yang tepat

Apakah Kelemahanmu?

Jawaban :

Saya agak kurang perhatian terhadap diri sendiri sehingga bekerja lupa waktu makan dan istirahat.

Tiga tahun lagi apa harapanmu?

Saya berharap mendapatkan promosi ke posisi yang lebih baik,

saya berharap tetap bekerja disini dan mendapatkan lebih banyak tanggung jawab.

Mengapa Anda keluar dari pekerjaan lama?

Saya memerlukannya untuk memperoleh tanggung jawab yang lebih besar.

Banyak ide saya yang tidak diterima karena sistem kerja yang kaku

pekerjaan lamaku tidak memungkinkan untuk promosi.

Bagaimana Anda menyampaikan ide-ide cemerlang?

Saya mempersiapkan tabel dan data berisi perbandingan apa yang akan saya lakukan sekarang dengan ideku, yang mana menunujukkan lebih menguntungkan, saya menunjukkan ini kepada atasanku sehingga membuat dia senang. Beberapa kemudian, ideku mulai dijalankan.

Jika Anda memilki deadline yang singkat padahal masih banyak pekerjaan yang tersisa, apa yang akan anda lakukan?

Saya berusaha membagi beberapa tugas kepada rekan-rekan saya, dan bekerja lembur sampai pekerjaan yang ditugaskan selesai pada waktunya.

Sponsor:

Resi Muslimah Boutique

Menyediakan Koleksi Busana Muslimah yang berkualitas, modis dan Trendi, Detail>>

CPNSONLINE.COM

persiapankan diri Anda dengan latihan soal-soal dan pembahasannya untuk menghadapi Ujian Seleksi CPNS 2011-2012,sehingga Anda akan lebih percaya diri dalam mengikuti seleksi CPNS tahun ini. Kami sangat menyadari dan mengerti kebutuhan Anda, Informasi dan materi apa saja yang Anda butuhkan, serta latihan soal tes yang bagaimana seharusnyaAnda persiapkan. Semua kebutuhanAnda kini kami rangkum dalam ebook ini, Detail>>

      

About these ads

Posted on 14/05/2010, in Tips & Trik Saat Wawancara and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. kebetulan ane pengen di wawancara, nice info gan.

  2. Trimakasih banyak….

  3. terima kasih banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 176 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: