Pantangan Ibu Hamil Muda

Dr. Puji Ichtiarti, SpOG, dari RS Hermina Jatinegara, berkata, “Kalau ibu hamil tidak boleh benci, sebal, dan marah-marah memang ada baiknya karena semua itu dapat berdampak negatif bagi dirinya sendiri, seperti stres, pusing, dan tekanan darah naik.” Tapi kalau si jabang bayi jadi mirip orang yang dibenci, tentu itu tidak benar dan tidak ada hubungannya sama sekali. Yang ini jelas hanya mitos. Namun, bukan berarti ibu hamil lantas boleh melakukan semua hal. Selama kehamilan memang ada pantangan bagi ibu. Adapun pantangan ibu hamil :
PANTANGAN DI TRIMESTER I

* Tidak terbentur atau terjatuh karena bisa mengakibatkan keguguran.
* Tidak melakukan olahraga berat, seperti lari, aerobik high impact atau angkat beban
* Menunda bepergian jauh untuk sementara, terlebih bila harus melakukan perjalanan udara. Di usia kehamilan 1-3 bulan, ibu masih memerlukan kekuatan ekstra untuk mensuplai segala sesuatu yang penting bagi pertumbuhan janin. Kecapekan dapat membuat suplai nutrisi, energi, hingga oksigen ke calon bayi terhambat.
* Hindari minum obat dan jamu kecuali dalam pengawasan dokter. Jangan lupa, janin amat rentan terhadap pengaruh obat-obatan yang bersifat teratogen (zat kimia yang dapat menimbulkan kelainan perkembangan pada janin).
* Hindari pakaian ketat yang tidak lentur. Pakaian longgar atau elastis merupakan pilihan yang lebih baik karena tidak akan mengganggu perkembangan janin. Sama halnya dengan bra, kenakanlah bra yang nyaman.
* Untuk sementara jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gas sebab bisa membuat ketidaknyamanan pada ibu hamil. Bahkan pada kasus tertentu bisa berakibat fatal. Adapun makanan terlarang bagi ibu hamil
* Hubungan suami istri tetap boleh dilakukan kecuali bila dokter melarang atau dari kacamata medis hubungan intim dapat membahayakan ibu ataupun janin.
PANTANGAN DI TRIMESTER II DAN III
Di trimester dua, kehamilan relatif aman. Sekalipun begitu ibu tetap wajib menjaga kandungannya dengan selalu menghindari stres, tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat atau melaksanakan kegiatan yang dapat menimbulkan risiko cedera.
Sementara di trimester ke-3 karena yang sering menjadi kekhawatiran adalah cepatnya peningkatan berat badan ibu, maka beberapa pantangan yang berkaitan dengan pola makan berlaku di sini. Umpamanya, kurangi makanan yang mengandung garam karena berpotensi meningkatkan tensi darah dan protein pada urin. Juga jaga agar peningkatan BB tidak lebih dari 2 kg dalam sebulan untuk menghindari keracunan kehamilan (preeklamsia).
Tingkatkan asupan buah-buahan dan sayur yang bermanfaat bagi janin dan air ketuban. Makanan bergizi seperti itu juga baik untuk memperlancar BAB dan menghindari sembelit yang biasa dialami ibu hamil trimester akhir. Cukupi kebutuhan minum dengan mengonsumi cairan 8 gelas sehari. Tak perlu khawatir jika jadi sering BAK, karena di kehamilan besar hal ini wajar saja. Yang penting, rasa kebelet pipis tersebut jangan ditahan-tahan sebab bisa memicu terjadinya infeksi saluran kencing.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan sampai perut ibu terbentur atau ibu terjatuh. Ini penting diperhatikan karena di kehamilan tua, perut akan semakin membuncit dan membuat gerakan ibu semakin tidak “lincah.
Di trimester akhir ini, perhatikan organ intim yang akan menjadi jalan lahir bayi dengan lebih saksama. Pada saat kehamilan, ibu rentan menderita keputihan. Sebagai pencegahan, upayakan organ intim selalu bersih dan tidak lembap. Sering-seringlah mengganti celana dalam. Lebih sering lebih baik.

Sponsor:

Resi Muslimah Boutique

Menyediakan Koleksi Busana Muslimah yang berkualitas, modis dan Trendi, Detail>>

CPNSONLINE.COM

persiapankan diri Anda dengan latihan soal-soal dan pembahasannya untuk menghadapi Ujian Seleksi CPNS 2011-2012,sehingga Anda akan lebih percaya diri dalam mengikuti seleksi CPNS tahun ini. Kami sangat menyadari dan mengerti kebutuhan Anda, Informasi dan materi apa saja yang Anda butuhkan, serta latihan soal tes yang bagaimana seharusnyaAnda persiapkan. Semua kebutuhanAnda kini kami rangkum dalam ebook ini, Detail>>

About these ads

Posted on 08/08/2009, in kehamilan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 70 Komentar.

  1. Kebetulan saya lg nyari info ttg kehamilan…sgt bgs artkel2nya jd bisa belajar byk dari blog ini?lam kenal ya..

  2. Mkcih ea buk yg dh bantu kita2 yg lg butuh info tentang kehamilan

  3. Terimakasih atas infonya…… semua sarannya sangat bermanfaat’ karena beberapa waktu lalu saya mengkonsumsi jamu dan bertanya-tanya apakah boleh dilanjutkan atau tidak. Tapi setelah membaca artikel ini, saya menemukan semua jawab-jawaban dari yang selama ini saya pertanyakan. Thx…..

  4. terima kasih infonya.karena saya sangat butuh banget infonya.karena ni kehamilan pertama istri saya.jadi saya perlu banyak tau agar kndisi istri & calon bayi saya baik2 aja.Amin…

  5. wah ………. bisa diterapkan nich untuk bini gua ……………..

  6. fang avenged

    haaaaahhhh thanks banget! emang lg butuh byk masukan, maklum masih muda, anak pertama lagiiii___ ow ow ooowww

  7. thanx ya infonya

  8. Mekasi banyak ats infonya…… saya akn terapkan pd diri saya, moga gak gagal la__gi…….

  9. Semua komentar anda benar,Smga qt bsa saling berbagi..tanx to infonya…

  10. waw kerennnnn……

  11. ada rubrik tanya jawab sama ahli enak nech…

  12. makasih ya masukannya

  13. bagus sekali ulasannya…sangat bs membantu…makasih ya…?!

  14. Saya copas boleh yaa mbak… ^^ Kebetulan kehamilan sudah masuk trimester III nih! Doakan.

  15. Alhamdulillah, Thx Infonya.. kebetulan bangat saya lagi hamil muda baru mau 3 bulan..
    infonya sangat bermanfaat..

  16. thanks informasinya…………bermanfaat banget buat q…apalagi ni calon anak pertamaku…….

  17. thanks Ya… infonya!!!

  18. wah.. benar2 sangat membantu.. sy jd lbh tahu semua tantang kehamilan.. yah mudah2n kehamilan pertamaku ini lancar dan sehat selalu..

  19. thank bgd y
    aq jd tau ap yg pantang buat ibu hamil

  20. makasih yah un/ infonya, sy sekarang gi hml 1bln.

  21. vie novianty

    ya…makacih dweh dah dikasih tau

  22. maksih bnyak infonya…hhmmmm jadi tau nich,,maklumlah masih muda dan juga anak pertama juga…hehehehhe

  23. Hatur nuhun sadayana anu di tulis tina web iyeu..abdi peryogi pisan.hatur nuhun sakali deui..

  24. betul…..betul….betul….

  25. Thanks bangget atas infonya.
    Insya allah, ini adalah my first baby…

  26. makasih…
    artikelnya baik,ini sangat berguna,untuk diri saya…..

  27. ade sifa amalia

    makasih ya bermanfaat banget nie,,,

  28. boleh ngga melakukan perjalanan melalui pesawat?
    Saat ini kandungan saya 7 minggu

  29. Makasih smw infonya..

  30. makasih banyak atas info nya… ini kehamilan pertama saya… jadi saya butuh banyak info seperti ini… thank’s ya…………….

  31. saia sangat khawatir di usia kandungan muda istri saia,karena ini anak pertama saia,saia harap info ini dapat membantu saia dan istri saia..

  32. infonya sgt berguna untk sya yg sdng ank pertama ini.thx y!!!

  33. bagus artikelnya….thanks for your info…
    i’am really love it

  34. bagus artikelnya.. thanks ya

  35. Mksh b9d y inf0na..mkLum bru2 cri tw info..infona membntu b9d..pa lg ne nax pertma q

  36. bgus infox….
    TENTANG ibu hamil yang sempat berusaha menggugurkan kandunganya dengan cara minum obat atau makanan yang gertentangan untuk ibu hamil, tapi tidak berhasil..
    apa dampak untuk janin?????/

  37. sri hartati Rochmana

    Makasih Buat infonya.. kebetulan saya baru hamil muda dan ini yang pertama….

  38. terimakasih saat ini aku hamil pada bulan trisemester 1! anak pertama nih

  39. saya lagi hamil…saya sering mkn nanas karna hoby,apakah berbahaya?

  40. Makasih buanget infonya, semoga aja istri saya bisa menerapkannya.. amin

  41. mohon informasi, bagaimana jika saat hamil muda mengalami rasa mules seperti BAB dan agak sedikit kencang < apakah itu biasa apa krn kecapean ? makasih

  42. bunda chyava

    mkcih bnget info ini yg saya cari krn ini hamil yg kedua sblm ini sy mengalami keguguran,shgga perlu tmbahan pengetahuan untuk kesehatan janin sy kali ini,mgkin yg kmrn byk hal yg blm sy ketahui,mg dkehamilan kedua ini sht,slamat,jd dedek yg cuakep..amiin doain y…

  43. maksih banget buat infonya, info ini sangat membantu karena ini adalah kehamilan saya yang pertama….
    minta doanya buat smua agar calon bayi saya sehat dan tidak kurang satu apapun, amin……

  44. saya ibu hamil usia muda, apakah kandungan saya berpengaruh jika sering makan udang

  45. Lily Soelaiman Ginoga

    makacih bangedd yah infonya n tipsx,,,,ni sangat membantu kehamilan pertama saya ,,,insyaallah kehamilan qu akan lancar trus…Aminnn

  46. nimas kurnia

    info’y sngat b’manfaat, trims ya.

  47. ini adalah hamil anak kedua…..stelah kandungan 2 dan skrg mau jln 3…..badan terasa panas…..tp bukan demam…..dr kepala..leher sampai ke perut……thx ya…atas balasan nya

  48. Istri saya hamil 1 bulan trus bulan ini ikut tutorial UT naik motor dengan dibonceng. Trus jabang bayinya keguguran, apa penyebabnya?

  49. Mksh atas sranx,,,,sya akn terpkn nie smua,,,maklum sya bru ajj nkah n bru ajj hmil nie,,,,

  50. Sangat membantu infonya, apalg ini anak prtama sy,, tks ya

  51. tks atas panduan nya ini merupakan kehamilan istri saya yang pertama…..

  52. tks atas panduan nya ini merupakan kehamilan saya yang pertama…..

  53. saya lagi hamil muda tiap saya melakukan rutinitas saya slalu mudah lelah kenapa ea?

  54. TQ ya..atas srany!

  55. untuk hubungan suami istri,apakah ada anjurannya?

  56. makasih infonya bu ini sangat berarti buat saya, kalo makan buah duren boleh gak bu…tunggu jawabannya

  57. Thanks infonya. Sangat membantu sekali….

  58. Info yang bagus, semoga bermanfaat buat para ibu hamil dan para calon ibu juga. trims.

  59. tks……………y bu’ atas infony sngat brmnfaat bagi ibu2 hamil…….

  60. mun'im ikhwanun

    baru nikah 2 bulang,.,hubungan intim terus tiap malam tp smp skrg blm ada tanda2 kehamilan., saya mnta tips agar cepat hamil.,

  61. soimah purnamawati

    Terima kasih ya atas info’y,,,,dgn saya membaca ini saya jd bertambah pengalaman N ilmu yg blm saya k;tahui sebelum’y..

  62. info ini dapat buat masukan bagi sya,dan akan dapat menjadi pertimbangan hidup untuk masa depan sya thank’s

  63. Sangat bermanfaat…
    ijin copy
    trims,

  64. makasih banyak atas imfonya ,ini sangat bermamfaat bg km yg lg hamil.saya ada parises dipinggir vagina tp tdk menghalangi jln rahim,salaf atau obat apa yg harus sy pakai ,sebelumnya terima kasih.

  65. aroel tungue

    alhamdulillah,thank atas info-a…
    kbutulan istri aqu lagi hamil muda skarang ni jadi sngat brguna tuk aqu atas info-a..
    skali lagi thank bnget yaa…

  66. bagus banget n sngt b’manfaat …
    kasih info” yg lain mngenai kehamilan muda ,karna istri saya baru hamil di usia 5 minggu .
    makasih .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 177 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: