Anda Sulit Konsentrasi? Bisa Jadi Kurang Vitamin D
NEW YORK– Rendahnya tingkat vitamin D dalam tubuh berkaitan dengan aktivitas berpikir atau melemahnya kemampuan kognitif pada laki-laki dewasa. Namun, kemungkinan apakah suplemen vitamin D dapat membantu mengatasi masalah ini masih belum diketahui. Demikian dikatakan oleh penelitian yang dilakukan baru-baru ini.
Dalam studi tersebut, subjek penelitian yaitu 3.133 pria dewasa dengan usia 40 sampai 79 tahun, yang terdaftar di Eropa Male Aging Study (EMAS). Rata-rata tingkat hydroxyvitamin D-25, bentuk tidak aktif dari vitamin D yang digunakan untuk mengukur tingkat dari vitamin adalah 63 nanomoles per liter. Tingkat 90-140 nanomoles per liter biasanya dianggap optimal.
Terbukti, mereka yang memiliki asupan vitamin D rendah memiliki kemampuan kognitif lebih buruk dari pria dengan asupan vitamin D yang baik. Hal itu diungkapkan Dr. David M. Lee dari University of Manchester, Inggris. Walaupun, David menekankan, perbedaannya tidak terlalu besar.
Jika tingkat vitamin D pada tubuh rendah maka demikian pula kemampuan kognitif. Analisa lebih lanjut menunjukkan, hubungan ini terjadi sebagian besar pada laki-laki berusia lebih dari 60 dengan tingkat vitamin D di bawah 35 nanomoles per liter. Para peneliti memuat temuan mereka dalam Journal Neurology, Neurosurgery, dan Psychiatry.
Meskipun perbedaannya kecil, namun David dan peneliti lain menekankan, suplemen vitamin D dapat meningkatkan kemampuan kognitif sehingga penelitian ini dapat mempengaruhi dunia kesehatan. (reuters/cr1/rin)
By Republika Newsroom
Selasa, 02 Juni 2009 pukul 10:41:00
Posted on 07/06/2009, in kesehatan and tagged Artikel, kesehatan, konsentrasi, sulit, vitamin D. Bookmark the permalink. Tinggalkan sebuah Komentar.






Tinggalkan sebuah Komentar
Komentar (1)